DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Perjuangan Anies Baswedan Bangun Kampung di Jakarta Diapresiasi  Seniman Asal Berlin Jerman Ini

image
Seniman asal Berlin, Jerman Tobi Moehring (52 tahun) menyerahkan trofi lingkungan dari material suku cadang motor bekas berkepala jerami buatannya kepada Anies Baswedan di Kampung Muka Ancol, Jakarta Utara, Senin 29 Januari 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Seniman asal Berlin, Jerman, Michael Phillips (59 tahun) dan Tobi Moehring (52 tahun) mengapresiasi perjuangan Anies Baswedan dalam membangun kampung di Jakarta.

Apresiasi itu mereka tunjukkan dengan membuat patung robot setinggi dua meter dari suku cadang motor dan pompa air bekas Anies Baswedan.

Tobi berbicara di Kampung Muka Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin 29 Januari 2024, bahwa patung itu berdiri tegak oleh kekuatan untuk menolak menyerah pada keadaan dan bangkit ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan.

Baca Juga: Bekunjung ke Kediaman Emil Salim, Anies Baswedan Mengaku Berdiskusi Banyak Hal

"Jadi ini patung tentang resiliensi pergerakan para pejuang kampung di Jakarta dalam mewujudkan hidup yang lebih baik untuk semua warganya," kata Tobi.

Tobi dan Michael tertarik membuatkan patung tersebut setelah diceritakan oleh warga Kampung Kunir bahwa Anies ketik menjabat gubernur Jakarta pernah membuatkan rumah susun hanya untuk 33 kepala keluarga (KK) di Jakarta Barat hanya dengan rasa kemanusiaan.

Selain itu, Anies juga diceritakan telah membangun kembali Kampung Akuarium di Jakarta Utara yang pernah digusur pada masa pemerintahan sebelumnya, menjadi lebih baik hanya karena berpegang teguh kepada rasa keadilan.

Baca Juga: Anies-Muhaimin: Jurnalis Harus Peroleh Hak Normatif sebagai Pekerja Kantor

Ttidak hanya patung, Tobi dan Michael pun menyerahkan sebuah trofi lingkungan dari material serupa namun berkepala jerami kepada Anies.

Mereka berharap Anies terus memperjuangkan kehidupan masyarakat yang papa dan keberlanjutan lingkungan dengan rasa kemanusiaan dan rasa keadilan yang dia miliki. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait