DECEMBER 9, 2022
Nasional

Mahfud MD: Mundur dengan Cara Beretika,Tidak akan Tinggal Glanggang Colong Playu

image
Arsip - Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menko Polhukam Mahfud MD sebelum memimpin rapat kabinet terbatas di kantor Presiden, Jakarta, Rabu 12 Februari 2020. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Mahfud MD akan berpamitan dengan baik secara langsung kepada Presiden Joko Widodo sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (Menko Polhukam).

"Karena kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati, maka saya tidak akan tinggal glanggang colong playu," kata Mahfud di Lampung, Rabu 31 Januari 2024.

Tinggal glanggang colong playu adalah peribahasa Jawa yang berarti tindakan yang mudah meninggalkan tanggung jawab.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Menko Polhukam Prof. Mahfud MD Mengundurkan Diri Rabu Siang Ini!

Mahfud menjelaskan, ia diangkat sebagai menteri secara penuh kehormatan dan kepercayaan oleh Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, Mahfud harus mengedepankan etika untuk mengembalikan jabatan yang dipercayakan kepadanya secara baik pula.

"Etika itu adalah ekspresi dari moral. Etika itu adalah ekspresi dari kejujuran. Etika itu adalah ekspresi dari penghayatan keagamaan dan kesantunan budaya," kata Mahfud dalam siaran langsung yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Baca Juga: Mahfud MD Dikabarkan Umumkan Pengunduran Diri sebagai Menkopolhukam Siang Ini

Mahfud pun mengatakan, surat pengunduran dirinya akan dia sampaikan secara langsung begitu dia memperoleh jadwal bertemu Jokowi. 

Mahfud memperkirakan surat pengunduran dirinya tersebut akan diserahkan pada Kamis 1 Februari 2024.

Dia juga menyebut pengunduran dirinya dari jabatan menteri telah disepakati dengan Ganjar Pranowo serta seluruh partai politik yang mengusung mereka. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait