Jakarta

Rumah Sakit Jiwa Islam Jakarta Timur Siapkan Penanganan Caleg yang Depresi Gagal Terpilih

image
Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Islam Klender dr. Prasila Darwin, SpKJ di kantornya, Jumat 9 Februari 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Pengelola Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Islam Jakarta Timur menyiapkan penanganan terapi kepada  calon anggota legislatif (Caleg) yang depresi karena gagal terpilih di Pemilu 2024.

"Kami siap kalau dibutuhkan seperti ruang rawat inap untuk pasien yang memang mengalami tekanan berat dan membutuhkan terapi," kata Direktur Utama RSJ Islam dr. Prasila Darwin, SpKJ di kantornya, Jumat 9 Februari 2024.

Menurutnya, rumah sakitnya sudah menyiapkan delapan ruangan untuk Caleg yang mengalami depresi dan membutuhkan perawatan.

Baca Juga: Bukan dari Bom, Ternyata Ini Penyebab Ledakan di Rumah Sakit Semen Padang yang Bikin Pasien Dievakuasi

Pasien yang menjalani rawat inap akan memperoleh pendampingan bila mengalami gejala berat.

Untuk pasien yang hanya memiliki gejala ringan, nantinya akan diberikan berupa konseling.

Selama perawatan, keluarga pasien juga diperkenankan untuk menjenguk. Biasanya, rawat inap berlangsung sekitar satu pekan.

Baca Juga: Kronologi Ledakan di Rumah Sakit Semen Padang, Ada Pekerja Lalai saat Istirahat

Pada Pemilu 2019, pihaknya pernah menerima beberapa pasien Caleg gagal lolos di Pemilu. Tetapi, hanya mengalami depresi ringan seperti cemas, khawatir, dan sulit tidur.

Delapan ruangan yang telah disiapkan memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Ada ruangan yang miliki satu tempat tidur dengan fasilitas kulkas, televisi, hingga sofa, dan ada juga yang satu ruangan diisi dua tempat tidur.

Namun, seluruh ruangan ada kamera pengawas (CCTV) dan terpantau ke ruangan perawat selama 24 jam. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait