Jakarta

Memasuki Masa Tenang 11-13 Februari, Pemerintah Kota Jakarta Timur Turunkan Alat Peraga Kampanye

image
Petugas gabungan dari Satpol PP, PPSU, TNI, Polri dan instansi lainnya tengah menertibkan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024 di kawasan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Minggu dini hari (11/2/2024). Penertiban dan penurunan APK itu dilakukan saat memasuki masa tenang Pemilu 2024. ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur

ORBITINDONESIA.COM - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) menertibkan ribuan alat peraga kampanye (APK) memasuki masa tenang Pemilu 2024, 11 - 13 Februari 2024, pada Minggu dini hari.

Penurunan alat peraga kampanye itu difokuskan pada baliho dan spanduk di jembatan dan jalan protokol Jakarta Timur. Selanjutnya, akan dilakukan di lingkungan dan permukiman warga.

Sekitar 500 personel gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), KPU dan Bawaslu dikerahkan dalam penertiban alat peraga kampanye yang berada di kawasan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Baca Juga: Gibran Ajak Relawannya Hadiri Kampanye Akbar dengan Membirukan Gelora Bung Karno Sabtu 10 Februari 2024

Para petugas mulai membongkar beberapa baliho yang terpasang di bahu jalan dan taman kota.

Untuk menurunkan baliho yang tidak terjangkau, petugas menggunakan mobil tangga Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur.

Wali Kota Jakarta Timur M Anwar saat apel penurunan APK Pemilu Damai di halaman Kantor Wali Kota, mengatakan penertiban APK ini bagian dari aturan perhelatan akbar demokrasi yang memasuki tahap masa tenang kampanye.

Baca Juga: Inilah Artis yang Ramaikan Kampanye Prabowo-Gibran Sabtu 10 Februari di Gelora Bung Karno: Ada Dewa 19 dan Ari Lasso

"Pada pukul 00.00 WIB kita lakukan penertiban pada seluruh APK di lingkungan Kota Jakarta Timur, dengan santun dan berhati-hati," kata Anwar.

Dia mengharapkan semua pihak dapat mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan Pemilu 2024, khususnya terkait penertiban APK dan menjaga situasi kondusif serta menaati semua aturan sebagaimana yang telah ditetapkan.

"Manfaatkan waktu tenang dengan sebaiknya dengan netralitas, gunakan hak pilih sebaik mungkin, kita semua bersaudara. Wujudkan demokrasi yang sehat, jujur dan sebagai contoh bahwa Kota Jakarta Timur dapat menjaga kerukunan," ujarnya.

Baca Juga: Sekitar 150 Ribu Kader PDI Perjuangan Hadiri Kampanye Akbar Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Stadion Pakansari Bogor

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilpaly menambahkan, pihaknya bersinergi dalam membersihkan APK, sehingga diharapkan pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat berjalan aman dan lancar.

"Seperti yang disampaikan Pak Wali, kita akan menjaga kondusif dan masyarakat agar dapat menggunakan hak suaranya, jangan takut ke TPS," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0505/Jakarta Timur Letkol Arm Suyikno mengatakan TNI  tetap netral serta siap bertugas untuk mengamankan  warga.

Baca Juga: Kampanye di Stadion Pakansari Didampingi Istri dan Putranya, Ganjar Pranowo: Kami Cinta Bogor dan Jawa Barat

"Kita junjung teguh netralitas, jangan takut untuk bersama menyukseskan Pemilu 2024 di Kota Jakarta Timur," ujarnya.

Penertiban APK itu dilakukan secara serentak di lima wilayah DKI Jakarta setelah berakhirnya masa kampanye dan memasuki masa tenang pada Minggu 11 Februari 2024 hingga Selasa 13 Februari 2024. Sementara, pencoblosan Pemilu dilakukan pada Rabu, 14 Februari 2024. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait