DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Mahasiswa di Bukitinggi Sumatra Barat Kampanyekan Tolak Politik Uang di Pemilu 2024

image
Mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat membentangkan spanduk menolak praktik politik uang, Kamis 1 Februari 2024. (Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat turun ke jalan menyuarakan Pemilu bersih dan menolak politik uang di Taman Jam Gadang, Kamis 1 Februari 2024.

Kordinator lapangan Muhammad Afif Alfikri di Bukittinggi, mengatakan, kegiatan mereka ini adalah salah satu bentuk dari kampanye dan edukasi kepada masyarakat.

"Sebelum ini kita door to door ke masyarakat agar lebih sadar bahaya laten dari politik uang," katanya.

Baca Juga: Mahasiswa Pendukung Ganjar-Mahfud di Mesir Bagikan Buku Hidup Berdampingan di Tengah Kemajemukan

Ia menilai, politik uang memberi potensi kepada calon anggota legislatif dan eksekutif terpilih, karena memiliki modal membiaya kegiatan politik yang besar.

"Terpilihnya orang-orang yang miskin gagasan tapi kaya biaya politik berdampak besar bagi masyarakat,” katanya.

"Ada potensi siklus, sekarang mereka harus mengeluarkan biaya besar untuk menang, lalu ketika menjabat mereka mencari jalan untuk mendapat kembali modal yang telah mereka keluarkan," katanya.

Baca Juga: Mahfud MD Mundur dari Kabinet Jokowi, Sandiaga Uno Sampaikan Dukungan

Ada potensi mereka untuk mengumpulkan modal lagi untuk Pemilu berikutnya. Tentu sangat berbahaya bagi demokrasi.

Perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Islam Ahmad Zaki mengingatkan kepada masyarakat dan peserta Pemilu tentang bahaya dari politik uang.

Kegiatan yang diawasi langsung oleh petugas gabungan keamanan dari TNI-Polri dan Satpol PP Bukittinggi ini berlangsung aman. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait