DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Festival Bau Nyale: 15 Finalis Berebut Mahkota Putri Mandalika

image
Objek wisata Pautri Mandalika. (Internet)

ORBITINDONESIA.COM – Sedikitnya 15 finalis berebut mahkota Putri Mandalika dalam rangkaian menyambut Festival Bau Nyale di Pantai Seger, kawasan ekonomi khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 29 Februari -1 Maret 2024.

"Para juri harus bisa memberikan penilaian yang adil dan profesional,” kata Bupati Kabupaten Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri sewaktu membuka acara di halaman kantor bupati setempat, Sabtu24 Februari 2024.

Ia mengatakan, lomba pemilihan Putri Mandalika ini adalah agenda rutin untuk meramaikan festival Bau Nyale (menangkap cacing laut) di Pantai Seger, kawasan ekonomi khusus Mandalika.

Baca Juga: Fakta Sirkuit International Buddh MotoGP India, Salah Satunya Pembangunannya 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Menurut cerita rakyat, Putri Mandalika rela mengorbankan diri untuk kepentingan masyarakat atau orang banyak, sehingga publik setempat menganggap ia memiliki hati yang bijaksana dan suci.

"Kepada peserta harus bisa seperti Putri Mandalika yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya.

"Kegiatan seperti ini harus bisa menggerakkan ekonomi Lombok Tengah," katanya.

Baca Juga: Jelang MotoGP Indonesia 2023, Logistik Dorna Sports dari Barcelona Tiba di Mandalika

Pemilihan Putri Mandalika ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan di Lombok Tengah.

"Semakin banyak wisatawan yang datang, ekonomi masyarakat akan semakin bergerak," katanya.

Selain memperebutkan Mahkota Putri Mandalika, 15 finalis ini juga akan memperebutkan nominasi Putri Mandalika Pariwisata, Putri Mandalika Kebudayaan, Putri Mandalika Persahabatan, dan Putri Mandalika Favorit. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait