DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Pengamat Politik Yusak Farhan: Pilkada DKI akan Ketat, Tri Rismaharini dan Ridwan Kamil Diprediksi Bakal Bertarung

image
Ilustrasi – Tugu selamat datang di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta. (Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Pengamat politik dari Citra Institute Yusak Farhan memprediksi pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI 2024 akan berlangsung ketat.

Kandidat yang akan bertarung ketat adalah Tri Rismaharini, Ridwan Kamil, Ahmed Zaki Iskandar, dan kemungkinan Anies Baswedan.

"Saya kira prediksinya tetap ya sekitar tiga pasang calon yang akan bertarung nanti," kata Yusak kepada wartawan di Jakarta, Senin 26 Februari 2024.

Baca Juga: KEREN POL, Tri Rismaharini Hadirkan Rumah Susun untuk Pemulung, Pengemis, dan Mantan Geandangan di Bekasi

"Kalau lawannya dapat yang seimbang katakanlah Pak Anies maju lagi ataupun misalnya PDIP mengusung Bu Risma, tentu pertarungan akan sangat kompetitif sekali," katanya.

Ia menilai meskipun popularitas Ridwan Kamil lebih besar,  Zaki yang sekarang ini menjadi Ketua DPD Golkar DKI Jakarta memiliki kendali struktural kepartaian.

"Tapi pada akhirnya partai Golkar, saya kira tidak bisa mengabaikan faktor popularitas dan faktor elektabilitas," ujarnya. 

Baca Juga: Dugaan Korupsi Bansos Beras, KPK Geledah Kantor Kemensos, Langsung Temui Tri Rismaharini, Begini Responsnya

Tahapan Pilkada serentak dimulai 26 Januari 2024 berupa perencanaan program dan anggaran. 

Tahapan pengumuman pendaftaran pasangan calon perseorangan dibuka 24-26 Agustus, sedangkan pendaftaran calon digelar 27-29 Agustus 2024. 

Dilanjutkan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus - 21 September, penetapan pasangan calon pada 22 September, kampanye 25 September - 23 November dan pemungutan suara pada 27 November 2024. 

Baca Juga: Hasto Kristiyanto: PDI Perjuangan Siap Berjuang di Jalan Oposisi

Sedangkan penghitungan suara dijadwalkan pada 27 November - 16 Desember 2024. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait