DECEMBER 9, 2022
Nasional

Hasto Kristiyanto: PDI Perjuangan Siap Berjuang di Jalan Oposisi

image
Hasto Kristiyanto (Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan, partainya siap berjuang melalui jalan oposisi dengan berada di luar pemerintahan untuk menjalankan tugas check and balance.

Berdasarkan siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis, 15 Februari 2024, Hasto melihat pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kekuasaan yang terpusat memunculkan kemampuan untuk memanipulasi, sehingga kekuasaan dan kritik dalam konteks kebijakan dan implementasinya dibutuhkan check and balance.

Menurutnya, berada di luar pemerintahan adalah suatu tugas patriotik dan pernah dijalani PDIP pasca Pemilu 2004 dan 2009.

Baca Juga: Satrio Arismunandar: Pemikiran Geopolitik Soekarno Telah Diangkat Kembali Relevansinya oleh Hasto Kristiyanto

“Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi,” kata Hasto.

“Karena apa pun yang terjadi dalam dinamika politik nasional kami punya kewajiban untuk menyampaikan apa yang terjadi kepada rakyat,” ujarnya.

Tak hanya itu, tambahnya, PDIP akan berjuang bersama gerakan masyarakat sipil prodemokrasi yang sekarang ini jumlahnya lebih banyak dibanding pada Pemilu 2009.

Baca Juga: Pilkada Solo: Aneka Figur Lintas Profesi Mendaftar Lewat PDI Perjuangan

Berdasarkan hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga survei menyebut bahwa perolehan suara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait