DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Umat Hindu Papua Rayakan Hari Raya Galungan di Jayapura, Sebagai Kemenangan Dharma

image
Umat Hindu Papua merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Pura Agung Surya Bhuvana Jayapura, Rabu, 28 Februari 2024. (ANTARA/Ardiles Leloltery)

ORBITINDONESIA.COM - Umat Hindu di Provinsi Papua merayakan Hari Raya Galungan di Pura Agung Surya Bhuvana Jayapura, Kota Jayapura, Rabu, 28 Februari 2024, yang dimaknai sebagai kemenangan dharma.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Papua I Komang Alit Wardana mengatakan, Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan momentum untuk memperkuat toleransi umat beragama di daerah itu.

"Untuk itu kami minta supaya umat Hindu di Papua tetap melaksanakan ajaran agama sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Pinandita umat Hindu," katanya.

Baca Juga: Untuk Petama Kali, Umat Hindu di Kota Ambon Gelar Pawai Ogoh Ogoh, Suasananya Meriah

Menurut Wardana, di Papua khususnya Kota Jayapura hidup berbagai suku, budaya dan agama, sehingga toleransi harus tetap dijaga sebagai cara untuk saling menghormati satu sama lain.

"Diharapkan kerukunan terus terpelihara untuk membangun Kota Jayapura lebih baik ke depan," ujarnya.

Pihaknya berharap agar semua umat Hindu di Papua terus memperdalam ilmu pengetahuan, terutama pendidikan keagamaan, guna terciptanya kehidupan yang harmonis.

Baca Juga: Contoh Teks Doa agama Hindu bisa Dibaca pada HUT ke 78 RI 17 Agustus dengan Pesan Persaudaraan

Sementara itu, Pinandita Pura Agung Surya Bhuvana Jayapura, I Wayan Wira Adnyana mengatakan, Hari Raya Galungan dimaknai untuk terus menjalankan kebenaran dan melawan kemalasan serta kebodohan guna terciptanya kesejahteraan hidup masyarakat.

Dia menambahkan, Hari Raya Galungan merupakan wujud kemenangan melawan kejahatan dan Kuningan diyakini sebagai hari para Dewa, Bhatara diiringi Putaran turun ke bumi. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait