DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Helma Dahlia: Restoran Berkontribusi Besar kepada Pendapatan Asli Daerah di DKI Jakarta

image
Helma Dahlia selaku Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta. (Antara)

ORBITINDONESIA.COM – Restoran menjadi salah kegiatan satu usaha sektor pariwisata yang berkontribusi besar kepada  kepada pendapatan asli daerah (PAD) di DKI Jakarta.

Hal ini diungkap Helma Dahlia selaku Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta sewaktu memberi sambutan dalam Bimbingan Teknis Pelaksanaan Pengawasan Usaha Pariwisata di Jakarta, Selasa 5 Maret 2024.

Ia meminta kepada pelaku usaha restoran dalam upaya menciptakan kualitas pengelolaan yang baik agar sesuai standar yang berlaku.

Baca Juga: Dinas Pariwisata DKI Berkomitmen Tingkatkan Layanan Sektor Wisata Untuk Capa Target Kunjungan 36 Juta Wisatawan

Usaha restoran, tambahnya, adalah salah satu objek pengawasan, yang dalam pengimplementasinya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyusun pedoman pengawasan standar usaha restoran berbasis risiko.

“Ini menjadi acuan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memastikan bahwa kegiatan restoran sesuai standarnya,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, untuk melaksanakan tugas pengawasan usaha pariwisata berbasis risiko, seorang pengawas harus memiliki sertifikat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diperoleh dari pelatihan/bimbingan teknis. ***

Berita Terkait