DECEMBER 9, 2022
Internasional

Diskusi Satupena Akan Hadirkan Wartawan Senior Satrio Arismunandar, Bahas Prospek Perdamaian Israel-Palestina

image
Diskusi Satupena tentang prospek perdamaian Israel-Palestina (Foto: satupena)

ORBITINDONESIA.COM - Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mendiskusikan prospek perdamaian Israel-Palestina. Konflik antara kedua pihak kini dalam situasi yang sangat buruk, bahkan kondisi warga Palestina sangat kritis.

Obrolan Hati Pena #126 tentang prospek perdamaian Israel-Palestina itu akan berlangsung di Jakarta, Kamis malam, 14 Maret 2024, pukul 20.30-22.00 WIB. Diskusi itu akan dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Amelia Fitriani.

Sebagai pembicara dalam diskusi prospek perdamaian Israel-Palestina ini adalah Satrio Arismunandar, wartawan senior yang pernah meliput ke Gaza, Tepi Barat dan Israel.

Baca Juga: 14 Staf Bulan Sabit Merah Palestina Disandera Israel, Komunitas Internasional Diminta Campur Tangan

Panitia diskusi menyatakan, sejak negara Israel didirikan pada tahun 1948, hubungan antara Israel dan Palestina selalu tegang.

Meskipun ada kesepakatan perdamaian seperti Perjanjian Oslo pada 1993, seringkali terjadi kekerasan dan ketidaksepakatan, terutama tentang status Yerusalem, permukiman Yahudi di Tepi Barat, dan hak pengungsi Palestina untuk pulang.

Meskipun telah ada upaya diplomatik dari berbagai pihak, termasuk Kwartet Timur Tengah (AS, Uni Eropa, Rusia, dan PBB), tetapi kesulitan besar masih terjadi.

Baca Juga: Perusahaan AMDK Danone Indonesia Ikut Ambil Bagian, Bantu Atasi Penderitaaan Rakyat Palestina di Gaza

Salah satu masalahnya adalah kurangnya kepercayaan antara kedua belah pihak dan politik dalam negeri di Israel dan Palestina yang mempersulit upaya perdamaian.

Konflik antara Israel dan Palestina ini telah berlangsung lama dan penuh kekerasan. Upaya-upaya damai telah dilakukan, tetapi seringkali gagal. Pertanyaannya, adakah harapan damai bagi kedua negara?

Acara diskusi ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena126. Juga bisa melalui livestreaming: Youtube Channel, Hati Pena TV. Selain itu, lewat Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.*****

Berita Terkait