DECEMBER 9, 2022
Internasional

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken Sampaikan Selamat kepada Prabowo Subianto

image
Arsip Foto – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony John Blinken hadir di Pertemuan Ke-13 Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur (EAS FMM) di Jakarta, Jumat 14 Juli 2023. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya,” kata Blinken, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Jakarta, Kamis 21 Maret 2024.

Blinken juga memuji masyarakat Indonesia atas partisipasi dan komitmen mereka pada demokrasi dan aturan hukum.

Baca Juga: Menlu AS Antony Blinken: Terlalu Banyak Warga Palestina yang Tewas dan Menderita

Blinken mengatakan bahwa, sebagai mitra dan kawan dekat dalam Kemitraan Strategis Komprehensif, Indonesia dan AS bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga kedua negara.

“Kami menantikan untuk bermitra erat dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober,” katanya.

Rabu 20 Maret 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang dalam pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Menlu AS Anthony J. Blinken Tekankan Pentingnya Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengumumkan bahwa Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara.

Selanjutnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperoleh 27.040.878 suara.

Total surat suara berjumlah 164.227.475 suara, kata Hasyim. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait