DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

Fenomena Ramadan: Angpao Lebaran Motif Mie Instan Hingga Kartu ATM Makin Dicari

image
Amplop atau angpau lebaran dengan desain depan mirip kartu anjungan tunai mandiri (ATM) hingga e-money dapat ditemukan di Jakarta, Minggu, 24 Maret 2024. ANTARA/Abdu Faisal

ORBITINDONESIA.COM - Angpao atau amplop Lebaran yang menarik perhatian anak-anak saat Idul Fitri, kini makin unik dengan motif yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Tren angpao Lebaran sebelumnya banyak didominasi karakter animasi seperti Elsa (Frozen), Spongebob Squarepants, hingga Minions (Despicable Me) yang disukai anak-anak.

Kini motif angpao Lebaran baru hadir dengan gambar kemasan mie instan, biskuit, hingga kartu ATM yang adalah trennya.

Baca Juga: Tidak Hanya Sekadar Memberi, Ini Makna Berbagi Angpao Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

Salah satu pedagang angpao Lebaran ditemui di kawasan Asemka Jakarta, Minggu, 24 Maret 2024, Parwoko, mengatakan angpao motif kartu ATM terbilang paling baru sejak ia berdagang di tahun 2001

"Tahun ini mulai ada angpao kartu ATM, e-money (kartu uang elektronik), sejak saya jualan angpao," ujar Parwoko.

Selain kartu ATM, Parwoko mengatakan, ada juga angpao "nyeleneh" dengan motif lembaran uang tunai, hingga motif konvensional masjid dan ucapan Selamat Idul Fitri.

Baca Juga: Komunitas Tionghoa Bagikan Angpao Imlek kepada Anak anak di Gereja Katedral Denpasar Bali

Semua amplop tersebut dibanderol dalam tiap bungkus berisi 10 lembar seharga Rp10.000 per tiga bungkus. Selama berdagang angpao, omzet penjualannya berkisar hingga Rp300.000.

Amplop motif nyeleneh tersebut menarik perhatian pembeli. Salah satunya adalah Suzianna, yang berencana memberikan angpao Lebaran untuk anak-anak di kampung halamannya, Garut, Jawa Barat.

Suzianna mengatakan, angpao dengan motif kartu ATM cukup menarik, karena anak-anak akan menganggapnya sebagai hal yang dewasa dan keren.

Baca Juga: Pengakuan Wali Kota Bandung Nonaktif Yana Mulyana Terima Suap Proyek Bandung Smart City: Ada Amplop Perkenalan

"Anak-anak kalau dikasih angpao Elsa, Spongebob, kayak udah biasa aja, enggak tertarik lagi. Tapi kalau modelnya kartu ATM nanti mikirnya 'wih keren nih dapatnya langsung kartu ATM tarik duit,' gitu," kata Suzianna. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait