DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Indonesia Menang Melawan Vietnam, Jokowi Senang dan Langsung Telepon Erick Thohir

image
Jokowi dan beberapa menteri menonton Indonesia melawan Vietnam di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa 26 Maret 2024. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

ORBITINDONESIA.COM - Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir usai Indonesia menaang 3-0 melawan Vietnam, Selasa 26 Maret 2024 malam.

Jokowi sapaan Joko Widodo langsung menelepon Erick Thohir.

"Selamat ya, sampaikan kepada yang lain," kata Jokowi dalam perbincangan via telepon sebagaimana keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Rabu 27 Maret 2024 pagi.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Setelah Menang Melawan Vietnam, Indonesia Butuh 1 Kemenangan Lagi

Jokowi menonton pertandingan Vietnam melawan Indonesia bersama beberapa menteri di hotel tempatnya menginap di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Turut mendampingi Jokowi menyaksikan pertandingan tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Dalam pertadingan yang berlangsung di stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Indonesia unggul di menit ke-9 lewat gol yang dicetak oleh Jay Idzes. Ia menyundul bola dari tendangan sudut Thom Haye ke dalam gawang Vietnam.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Korea Selatan Permalukan Thailand, China Menang Melawan Singapura

Indonesia menambah gol di menit ke-23 melalui Ragnar Oratmangoen. Ia menggiring bola masuk ke kotak penalti Vietnam kemudian menendang memakai kaki kirinya. Skor 2-0.

Gol dari Ramadhan Sananta pada menit ke-90+8 melengkapi kemenangan bersejarah timnas Indonesia atas Vietnam. Sananta menyambar bola muntah dari sundulan Egy Maulana Vikri yang membentur tiang untuk menjebol gawang lawan.

Ini adalah kemenangan pertama Indonesia di kandang Vietnam sejak 20 tahun lalu. Waktu itu, INdonesia mengalahkan Vietnam 3-0 pada fase grup Piala Tiger 2004, tepatnya pada tanggal 11 Desember 2004. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait