DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Dugaan Pelecehan Seksual kepada Perempuan, Ketua PSI Jakarta Barat Anthony Norman Lianto Mundur

image
Ilustrasi - Pelecehan seksual kepada seorang perempuan. (ANTARA/Handout/aa)

ORBITINDONESIA.COM - Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat Anthony Norman Lianto mengundurkan diri, karena ia dituding melakukan pelecehan seksual kepada seorang perempuan muda.

"Terduga pelaku sudah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPD sejak Selasa, 26 Maret 2024," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina kepada wartawan di Jakarta, Rabu 27 Maret 2024.
Sejak Anthony Norman LIanto diberitakan diduga terlibat pelecehan seksual, katanya, DPW PSI Jakarta telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai prosedur internal partai.

"Kami ingin menegaskan bahwa partai kami tidak menolerir tindakan kekerasan seksual dalam bentuk apapun dan terhadap siapapun," ujarnya.

Baca Juga: KPU: PDI Perjuangan Memimpin Raih Lebih dari 25 Juta Suara, PSI yang Dipimpin Kaesang Pangarep Gagal Masuk Parlemen

Ia mendukung proses hukum yang sedang berjalan untuk memastikan keadilan kepada semua pihak yang terlibat, termasuk memberikan dukungan penuh kepada pihak berwajib dalam menyelidiki dan menegakkan hukum yang adil.

DPW PSI DKI Jakarta menyatakan simpati dan solidaritas kepada korban serta mengapresiasi keberanian korban untuk melapor dan mengungkap pengalamannya.

PSI berkomitmen untuk mendukung korban dalam proses pemulihan dan mendukung upaya-upaya untuk mencegah kekerasan seksual di kemudian hari.

Baca Juga: Petinggi PAN: PSI Punya Hak Calonkan Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta

"Kami mengimbau kepada seluruh anggota PSI Jakarta untuk tetap menjaga integritas dan kredibilitas partai dengan berkomitmen pada nilai-nilai etika dan moral yang tinggi dalam segala tindakan dan keputusan yang diambil," ujarnya.

PSI meminta maaf dan akan terus berusaha untuk menjadi kekuatan yang membawa perubahan yang baik bagi masyarakat, dengan menjadikan pembelajaran dari setiap pengalaman sebagai landasan untuk tumbuh dan berbuat lebih baik.

Seorang perempaun berinisial W (29 tahun) mengaku menjadi korban pelecehan seksual oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Jakarta Barat Anthony Norman Lianto.

Baca Juga: William Aditya Sarana PSI: Jakarta Butuh Kaesang Pangarep, Bukan Anies Baswedan

Kasus tersebut viral di media sosial setelah akun @B35TIE mengunggah pengakuan korban dalam bentuk video podcast yang dibawakan oleh seorang perempuan bernama Tie Saranani pada Senin 25 Maret 2024. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait