DECEMBER 9, 2022
Internasional

Analisis: Israel Sengaja Menyerang dan Mengambil Risiko Konfrontasi Besar dengan Iran, Mengapa?

image
PM Israel Benjamin Netanyahu (Foto: Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Serangan militer Israel ke kantor perwakilan diplomatik Iran di Damaskus belum lama ini langsung meningkatkan ketegangan di Timur Tengah, yang sudah panas karena perang tidak seimbang Israel vs Hamas di Jalur Gaza, Palestina.

Serangan Israel terhadap Iran merupakan langkah berani bagi pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, untuk melakukan eskalasi seperti itu. Hal ini menimbulkan pertanyaan, mengapa Israel melakukan hal ini?

Salah satu korban tewas akibat serangan Israel tersebut adalah Jenderal Mohammad Reza Zahedi, yang diyakini bertanggung jawab atas hubungan Iran dengan Hizbullah di Lebanon dan kelompok non-negara lainnya di Suriah, setelah bertugas secara luas di Timur Tengah selama masa jabatannya.

Baca Juga: Menlu RI Retno Marsudi Kecam Serangan Israel Terhadap Fasilitas Diplomatik Iran di Damaskus Suriah

Mungkin penjelasan paling sederhana atas serangan tersebut adalah bahwa serangan tersebut dimaksudkan untuk menghambat operasi logistik “Poros Perlawanan” dan potensi serangan terhadap Israel yang dilakukan oleh front persatuan.

Pada saat yang sama, hal ini mungkin jauh lebih rumit. Ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa kebijakan carte blanche AS terhadap Israel saat ini hampir pasti tidak akan bertahan hingga akhir dekade ini.

Bagi para pemimpin militer di Israel, sekarang adalah satu-satunya waktu untuk bertindak dalam hal yang berpotensi menjadi perang eksistensial.

Baca Juga: Kedubes Iran di Jakarta Kecam Serangan Israel Terhadap Konsulat Iran di Damaskus Suriah

Opini publik di negara-negara Barat terhadap Israel dan kekejaman yang terus berlanjut di Gaza telah anjlok, namun hal tersebut tidak dimulai dari sana.

Pada 2021, selama berminggu-minggu pertempuran di Gaza pada tahun itu, untuk pertama kalinya, anggota Kongres AS mengkritik Israel. Tahun berikutnya, organisasi hak asasi manusia arus utama seperti Amnesty International dan Human Rights Watch menerbitkan laporan keras yang menuduh Israel melakukan apartheid.

Pertengahan Maret 2024, pemerintahan Presiden Joe Biden abstain dalam pemungutan suara resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.

Baca Juga: Ayatollah Ali Khamenei: Kami Akan Buat Israel Sesali Serangannya ke Konsulat Iran di Damaskus Suriah

Biden juga secara pribadi mengatakan kepada Netanyahu pada 4 April 2024 bahwa dia harus mengubah pendekatannya terhadap bencana kemanusiaan yang sedang terjadi di Gaza.

Terlepas dari tindakan-tindakan tersebut, AS tetap menyatakan bahwa resolusi DK PBB tidak mengikat dan masih menyediakan senjata untuk upaya perang Israel, sehingga secara efektif membuat pernyataan atau sikap abstain AS di PBB menjadi bahan perdebatan.

Sekalipun dukungan AS mungkin lebih lemah dibandingkan masa lalu, jelas bahwa Washington secara nominal masih berpihak pada negara Yahudi tersebut – setidaknya untuk saat ini. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa risiko yang dihadapi Israel sangat besar.

Baca Juga: Menlu Iran akan ke Suriah, Bahas Konsekuensi Serangan Israel Terhadap Konsulat Iran di Damaskus

Dan yang terakhir, faktor yang tidak dapat disangkal adalah bahwa kelangsungan hidup pemerintahan Israel saat ini adalah kekuatan pendorong utama di balik serangan ini.

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, pejabat Yahudi terpilih paling senior di Washington, pada 14 Maret 2024 menyebut Perdana Menteri Netanyahu secara pribadi dalam pidatonya di hadapan Senat.

Dia menuduh Netanyahu “membiarkan kelangsungan politiknya lebih diutamakan daripada kepentingan terbaik Israel.”

Baca Juga: Kemlu RI Tegaskan: Indonesia Tak Berencana Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel Demi Diterima di OECD

Senator tersebut menyerukan pemilu baru, dan menambahkan bahwa Israel “tidak dapat berharap untuk berhasil sebagai negara paria yang ditentang oleh seluruh dunia.” ***

 

Sumber: Russia Today

Berita Terkait