DECEMBER 9, 2022
Internasional

PM Malaysia Anwar Ibrahim: Semua Pihak Harus Berperan Cari Solusi Konflik di Timur Tengah

image
Arsip foto - Seorang warga memperlihatkan ponsel tahun 2024 pada malam pergantian tahun di Taman KLCC, Malaysia, Minggu, 31 Desember 2023, malam. Pemerintah Malaysia tidak menggelar perayaan pergantian tahun 2024 sebagain solidaritias kepada rakyat Palestina yang tertindas oleh Zionis Israel serta untuk menghormati warga yang tertimpa bencana banjir di beberapa wilayah di Malaysia. ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman/Spt. (ANTARA FOTO/RAFIUDDIN ABDUL RAHMAN)

ORBITINDONESIA.COM - Malaysia berpendapat, semua pihak harus berperan untuk memastikan ketegangan di Timur Tengah tidak terus meningkat demi perdamaian dan kepentingan universal, serta semua pihak harus berupaya mencapai solusi dengan mengakhiri konflik di sana. Demikin kata Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim.

Pernyataan Anwar Ibrahim sampaikan melalui akun media sosialnya diakses di Kuala Lumpur, Minggu, 14 April 2024, setelah mengadakan pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi, Menteri Pertanian dan Ketahanan Pangan Mohamad Sabu dan pejabat tinggi Pemerintah lainnya untuk membahas situasi terkini di kawasan Timur Tengah.

Menurut Anwar Ibrahim, serangan yang dilancarkan Republik Islam Iran merupakan respons atas serangan biadab Zionis Israel terhadap Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah baru-baru ini. Hal itu jelas merupakan pelanggaran hukum dan undang-undang internasional.

Baca Juga: PM Anwar Ibrahim: Malaysia Konsisten Menentang Kolonialisme, Apartheid, Hingga Pembersihan Etnis

Solusi apa pun yang dipilih tidak akan berkelanjutan jika kekerasan yang terjadi saat ini tidak segera diakhiri, katanya.

Meski demikian, ia mengatakan, Malaysia tetap teguh pada pendiriannya untuk berpihak pada rakyat Palestina yang terus menderita akibat krisis ini. Kini saatnya semua pihak berperan dalam mendorong diakhirinya ketegangan tersebut.

Ia mengatakan, Pemerintah Malaysia kini memantau dengan cermat perkembangan tersebut serta posisi pasar keuangan, termasuk potensi dampaknya terhadap negara tersebut.

Baca Juga: PM Malaysia Anwar Ibrahim Ucapkan Selamat kepada Prabowo Atas Keberhasilan Dalam Pilpres 2024

Selain itu, pemerintah akan bertindak bijaksana untuk memperkuat stabilitas ekonomi dan keuangan negara tersebut.

Pemerintah juga memperhitungkan faktor-faktor apa pun yang mungkin mempengaruhi warga Malaysia, kata Anwar. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait