DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Duta Besar Djauhari Oratmangun: China Sukses Bebaskan 700 Juta Warganya dari Kemiskinan

image
Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun (kedua dari kanan) berkunjung ke Antara Heritage Center di Jakarta, Selasa 16 April 2024. (Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa pemerintah China berhasil dalam memberantas kemiskinan.

“Laporan PBB menyebutkan bahwa selama ini China sudah membebaskan 700 juta penduduknya dari kemiskinan,” kata Dubes Djauhari di Jakarta, Selasa 16 April 2024.

Djauhari menyampaikan bahwa salah satu alasan dari keberhasilan pemerintah China dalam memberantas kemiskinan adalah karena peran pengusaha.

Baca Juga: Menlu Antony Blinken Tuduh China Mencoba Pengaruhi dan Campur Tangan Pada Pemilu AS Mendatang

Selain itu, China juga menerapkan kebijakan yang mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sejak reformasi dan keterbukaan China pada 1978, menurut PBB, China telah membebaskan lebih dari 700 juta penduduknya dari kemiskinan.

Pada 2003, China meluncurkan program revitalisasi hijau, yang dikenal juga sebagai program percontohan seribu desa dan program pembenahan sepuluh ribu desa.

Baca Juga: China Kecam Pihak yang Sengaja Halangi Dewan Keamanan PBB Ciptakan Gencatan Senjata di Gaza, Palestina

Melalui program tersebut, China telah berhasil menemukan jalur ilmiah dalam membenahi lingkungan pedesaan untuk merevitalisasi serta mendorong pembangunan.

Program itu tidak bermaksud melaksanakan pembangunan pedesaan dengan pola tunggal atau monoton, melainkan mengembangkan keunggulan masing-masing daerah sebagai wujud pengembangan industri dan perbaikan kehidupan lokal. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait