DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin Tertarik Selenggarakan Formula 1 di Sirkuit Jalan Raya Bangkok

image
Arsip - Penonton menyaksikan Grand Prix Fomula 1 di Monaco street circuit, 23 Mei 2019. (Boris HORVAT/AFP)

ORBITINDONESIA.COM - Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin mengungkapkan negaranya berminat menjadi tuan rumah balap mobil Formula 1 dengan memakai sirkuit jalan raya di Kota Bangkok seperti halany diselenggarakan di Singapura, Monaco, dan Las Vegas.

“Thailand mempunyai kapasitas untuk menjadi tuan rumah Formula 1 di Bangkok,” kata Srettha, dikutip dari laporan AFP, Selasa 23 April 2024.

“Jika berhasil, saya yakin negara kami akan membawa kenangan yang mengesankan kepada negara lain karena kami memiliki potensi, kapasitas, dan keramahtamahan masyarakat.”

Baca Juga: Klasemen Formula 1: Max Verstappen Pimpin Klasemen Usai GP Miami

Hal tersebut disampaikan Srettha setelah menjamu bos Formula 1 Stefano Domenicali pada hari Senin 22 April 2024 untuk menyampaikan visi pemerintah agar menghadirkan grand prix di Bangkok yang luas dan padat lalu lintasnya itu.

Belum ada jangka waktu atau rencana rinci yang diumumkan, namun pejabat Thailand mengatakan kepada media lokal bahwa mereka membayangkan balapan tersebut akan diadakan di sirkuit jalan raya, mungkin di sekitar pusat bersejarah Kota Bangkok.

Pemerintahan Srettha ingin mendorong inisiatif “soft power” untuk meningkatkan profil Thailand.

Baca Juga: Formula 1: Lando Norris Juara GP Miami

Dengan mengadakan balapan F1, ia berharap bisa memberi dorongan kepada sektor pariwisata dan kunjungan turis.

“Pada dasarnya, jika F1 akan diadakan di Thailand, kami ingin diadakan di jalan raya... Kami sedang menangani masalah ini," kata Juru Bicara Pemerintah Thailand Chai Watcharong kepada media lokal.

Adapun Alex Albon dari tim balap Williams adalah satu-satunya orang Thailand yang berkompetisi di Formula 1 dan menjadi pembalap kedua dalam sejarah yang berasal dari negeri tersebut. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait