DECEMBER 9, 2022
Internasional

IMF Memperingatkan Wacana Penyitaan Aset-aset Rusia Bisa Rusak Sistem Keuangan Global

image
Ilustrasi - IMF dan wacana penyitaan aset Rusia (Foto: Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Setiap langkah menuju penyitaan cadangan devisa Rusia harus didukung oleh hukum, untuk menghindari risiko merusak sistem keuangan global, kata Alfred Kammer, direktur Departemen IMF (Dana Moneter Internasional) Eropa.

Uni Eropa dan negara-negara G7 lainnya telah memblokir sekitar 300 miliar dolar AS aset milik bank sentral Rusia, sejak dimulainya konflik Ukraina pada tahun 2022.

Dari jumlah tersebut, 196,6 miliar euro (atau 211 miliar dolar AS) ditahan oleh lembaga kliring yang berbasis di Belgia, Euroclear. Sejak tahun lalu, dana aset Rusia tersebut mengumpulkan bunga hampir 4,4 miliar euro.

Baca Juga: Amir Uskara: Indonesia di Mata IMF

“Sehubungan dengan penyitaan aset-aset Rusia… pandangan kami adalah bahwa yurisdiksi dan pengadilan terkait harus menentukan dan memutuskan,” kata Kammer pada konferensi pers pada hari Jumat, 19 April 2024, mengulangi pernyataan IMF sebelumnya mengenai masalah tersebut.

“Dari pihak kami, yang penting adalah tindakan apa pun yang diambil, implikasi dari berfungsinya sistem moneter internasional juga diperhitungkan,” ujarnya.

Kammer mengingat kata-kata direktur pelaksana IMF Kristalina Georgieva, bahwa “kita perlu mewaspadai konsekuensi yang tidak diinginkan” dari tindakan tersebut.

Baca Juga: IMF: Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Dunia Sebesar 3,1 persen pada Tahun 2024

“Dan sekali lagi, ini adalah masalah sistem berbasis aturan multilateral dan sistem moneter dan keuangan internasional yang berfungsi dengan baik, yang harus kita hormati, karena hal ini memberikan… kemakmuran selama beberapa dekade terakhir,” kata Kammer.

IMF sebelumnya telah memperingatkan bahwa rencana Barat untuk menyita aset-aset Rusia yang dibekukan dapat menimbulkan ancaman terhadap sistem moneter global dan menimbulkan risiko yang tidak terduga.

Beberapa pejabat Barat telah mendorong penyitaan dana Rusia dan mentransfer hasilnya ke Ukraina, atau setidaknya menggunakan bunga yang dihasilkan dari aset tersebut.

Baca Juga: Dubes Rusia Anatoly Antonov: Larangan Perdagangan Aluminium, Tembaga, Nikel Rusia oleh AS Bersifat Politis

Meskipun para pendukung Kiev di Barat umumnya setuju bahwa aset-aset yang dibekukan harus digunakan untuk membantu Ukraina, mereka masih berselisih mengenai apakah penyitaan langsung itu sah atau tidak.

AS dan Inggris mendukung pengambilalihan langsung dana tersebut. Namun beberapa negara anggota Uni Eropa, khususnya Prancis dan Jerman, memperingatkan bahwa tindakan tersebut akan mengikis kepercayaan terhadap sistem keuangan Eropa.

Kepala kebijakan luar negeri UE, Josep Borrell, bulan lalu mengusulkan penggunaan keuntungan yang dihasilkan dari cadangan bank sentral Rusia yang dibekukan untuk mendukung Ukraina secara militer.

Baca Juga: Rusia Prihatin Atas Eskalasi Berbahaya di Timur Tengah Seiring Dampak Serangan Iran ke Israel

Moskow bereaksi terhadap usulan diplomat tersebut dengan memperingatkan bahwa hal itu akan menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan bahwa semua negara dan pejabat Uni Eropa yang mendukung rencana Borrell akan dikenakan “tuntutan hukum selama beberapa dekade mendatang.”

Rusia mengatakan, setiap tindakan yang diambil terhadap aset-asetnya akan dianggap sebagai “pencurian.”

Baca Juga: Presiden Rusia Putin dan Presiden Iran Ebrahim Raisi Bahas Situasi Timur Tengah Pascaserangan Israel di Suriah

Rusia menekankan, penyitaan dana atau tindakan serupa akan melanggar hukum internasional dan melemahkan mata uang Barat, sistem keuangan global, dan perekonomian dunia. ***

 

Sumber: rt.com

Berita Terkait