DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala Asia U23: Irak Jadi Tim Terakhir yang Lolos ke Perempat Final

image
Irak lolos ke perempat final Piala Asia U23. (Instagram @iraqiproplayers)

ORBITINDONESIA.COM – Irak menjadi tim nasional terakhir yang memastikan diri lolos ke perempat final Piala Asia U23 2024 setelah mengalahkan Arab Saudi 2-1 di Stadion Khalifa International, Al Rayyan, Selasa 23 April 2024 dini hari WIB.

Hasil ini membuat Irak menjadi juara grup C setelah mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan, unggul head to head dibanding Saudi Arabia yang menjadi runner up, demikian catatan AFC.

Irak selanjutnya akan melawan Uzbekistan atau Vietnam pada babak perempat final di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Jumat pukul 21.00 WIB.

Baca Juga: Piala Asia U23: Fuki Yamada Bawa Jepang Juara

Saudi Arabia yang berstatus runner up grup C akan melawan juara grup D antara Uzbekistan atau Vietnam di Stadion Khalifa International, Al Rayyan, Sabtu 27 April 2024 pukul 00.30 WIB.

Jalannya pertandingan

Pada pertandingan ini Arab Saudi mengambil inisiatif menyerang, tetapi Irak tak tinggal diam dan berusaha mengimbangi permainan The Green Falcons.

Baca Juga: Piala Asia U23: Peringkat Ketiga Direbut Irak, Indonesia Melawan Guinea untuk Cari Tiket ke Olimpiade 2024 Paris

Meskipun jual beli serangan terus terjadi, gol baru tercipta pada waktu tambahan babak pertama ketika Irak mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat tendangan penalti Ali Jassim.

Masih dalam waktu tambahan babak pertama, Arab Saudi dapat menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Ahmed Al-Ghamdi. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Irak mencetak gol kemenangan di pertandingan pada menit 63 lewat tendangan Mustafa Saadoun yang tak dapat dibendung kiper Arab Saudi Mohammed Al Absi sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Baca Juga: Piala Asia U23: Disiarkan Langsung RCTI Kamis Malam, Indonesia Melawan Irak

Di sisa waktu babak kedua, jual beli serangan terus terjadi antara kedua tim dan Arab Saudi berupaya mencari gol penyeimbang, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-1 untuk kemenangan Irak tetap bertahan.

Tajikistan mengakhiri perjalanan mereka dengan kemenangan 1-0 melawan Thailand di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Senin dini hari WIB.

Pada pertandingan ini kemenangan Tajikistan hadir berkat gol semata wayang yang dicetak oleh Manuchehr Safarov di waktu tambahan babak kedua.

Baca Juga: Piala Asia U23: Indonesia Melawan Irak Berebut Peringkat Ketiga, Jepang dan Uzbekistan Bertanding di Final

Hasil tersebut membuat Tajikistan menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup C dengan torehan tiga poin dari tiga pertandingan, unggul head to head dengan Thailand yang berada di posisi juru kunci. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait