DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

PT KAI Ubah Kapasitas Maksimal Penumpang Kereta Api Pandanwangi, Cek Info Selengkapnya di Sini

image
PT KAI kini batasi kapasitas maksimal penumpang untuk KA Pandanwangi.

ORBITINDONESIA.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan penyesuaian terhadap kapasitas maksimal penumpang KA Pandanwangi yang melayani rute Jember-Ketapang.

KA Pandanwangi yang merupakan kereta api subsidi, oleh PT KAI, diturunkan jumlah kapasitas penumpangnya, dari 150 persen menjadi 120 persen. Dan ketentuan itu berlaku mulai 1 Agustus 2023.

Baca Juga: Hamid Awaludin: Hamas Minta Mantan Wapres RI Jusuf Kalla Memediasi Upaya Akhiri Konflik di Palestina

Sehingga nantinya jumlah maksimal penumpang KA Pandanwangi diturunkan dari 954 penumpang, menjadi hanya 762 penumpang saja.

Baca Juga: Inilah Syarat Naik Kereta Api Paket Angkutan Rombongan, Ada yang Harus 20 Orang Sekali Pesan

Keputusan tersebut diambil PT KAI semata demi untuk meningkatkan kenyamanan para penumpang KA Pandanwangi yang merupakan kereta api penumpang kelas ekonomi lokal subsidi.

Baca Juga: KAMPUZ, Komite Aliansi Mahasiswa Anti Amerika dan Israel Ajak Semua Civitas Academica Dukung Palestina

Pelaksana Harian Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo, perubahan batas maksimal penumpang (Load Factor Dinamis) itu berdasarkan hasil evaluasi.

“Setelah dilakukan evaluasi, KAI memutuskan mulai 1 Agustus akan dilakukan penyesuaian batas maksimal kapasitas KA Pandanwangi," ujar Anwar dalam keterangan resminya yang diterima redaksi OrbitIndonesia.com.

Baca Juga: Pasca Kecelakaan Kereta Api Brantas yang Tabrak Truk Tonton, Jalur Semarang kini Bisa Dilalui dan Normal

Baca Juga: PBB Kecam Pelanggaran Kebebasan Pers oleh Israel Terkait Penutupan Kantor Lokal Al Jazeera di Yerusalem

"Batas maksimal KA Pandanwani kini menjadi 120 persen dari total tempat duduk guna meningkatkan kenyamanan para pelanggan,” lanjutnya lagi.

Anwar menambahkan, KA Pandanwangi saat ini memiliki dua jadwal keberangkatan dari Stasiun Jember yakni pada pukul 05.30 WIB dan pada pukul 14.30 WIB.

Serta kembali berangkat dari Stasiun Ketapang pada pukul 10.00 WIB dan 18.40 WIB.

Baca Juga: Klasemen Formula 1: Max Verstappen Pimpin Klasemen Usai GP Miami

Baca Juga: KPK Panggil Menhub Budi Karya Sumadi, Jadi Saksi Kasus Suap Proyek Jalur Kereta Api di Sejumlah Daerah

KA Pandanwangi memang menjadi primadona masyarakat Jember dan Banyuwangi, dikarenakan harga tiketnya yang terjangkau yaitu sebesar Rp8.000,- per penumpang.

Perjalanan dengan KA Pandanwangi akan membawa Anda melewati pemandangan alam yang indah di Pulau Jawa, termasuk perkebunan, sawah, dan gunung-gunung yang menakjubkan.

Baca Juga: Formula 1: Lando Norris Juara GP Miami

Dan ini adalah salah satu cara yang populer dilakukan masyarakat sekitar untuk berkeliling dan menikmati keindahan sebagaian Pulau Jawa dengan nyaman.

Baca Juga: BIKIN BANGGA: Kereta Api Cepat Jakarta Bandung Adalah Nomor 3 Tercepat di Dunia

“Dalam satu rangkaian KA Pandanwangi membawa 6 kereta kelas ekonomi dan satu kereta pembangkit, saat ini dalam sekali jalan kapasitas maksimal yang bisa diangkut mencapai 954 penumpang," ujar Anwar.

Baca Juga: Ahmad Azzam Muhammad, Siswa SMA Labschool Jakarta Diterima di 6 Perguruan Tinggi di Amerika: Terampil Menulis Esai

"Mulai 1 Agustus disesuaikan menjadi 762 penumpang,” terang Anwar lebih lanjut.

Untuk itu PT KAI mengimbau bagi para pelanggan KA Pandanwangi untuk merencanakan perjalanan sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket.

Baca Juga: Asik, Sambut Libur Sekolah, KAI Daop 9 Jember Beri Promo 600 Tiket Kereta Api hingga Juli 2023

Baca Juga: Yang Tercecer di Era Kemerdekaan (4): 50 Tahun Kututup Rahasia Itu Rapat-rapat

Seperti halnya kereta api lainnya di Indonesia, jadwal dan harga tiket KA Pandanwangi dapat dilihat dan dipesan melalui situs resmi PT KAI atau dapat juga melalui agen penjualan tiket kereta api resmi.

Pemesanan tiket KA Pandanwangi sendiri pun saat ini sudah bisa dilakukan melalui aplikasi Access by KAI hingga H-7 sebelum keberangkatan.

Sedangkan pembelian langsung di loket stasiun hanya melayani H-3 jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Piala Thomas 2024: Indonesia Runner Up

Baca Juga: Ketentuan Terbaru Naik Kereta Api, Vaksin Tidak Lagi Jadi Syarat Wajib

“KAI berharap dengan dilakukannya penyesuaian kapasitas KA Pandanwangi ini dapat membuat penumpang merasa nyaman selama perjalanan,” ujar Anwar. ***

Berita Terkait