DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Film Barbie Pecahkan Rekor Sutradara Wanita Pertama yang Capai Penjualan Tiket Global 1 Miliar US Dolar

image
Film Barbie yang diarahkan sutradara wanita Greta Gerwig pecahkan rekor usai capai penjualan tiket global 1 miliar USD

ORBITINDONESIA.COMFilm Barbie kian viral dan menjadi perbincangan hangat di berbagai media sosial di seluruh dunia sejak tayang perdana pada Rabu, 19 Juli 2023 yang lalu.

Banyak orang di dunia yang terkena demam film Barbie, dan beramai-ramai mengubah penampilan mereka saat akan menonton film yang diarahkan oleh seorang sutradara wanita, Greta Gerwig.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Boomingnya film Barbie juga membuat sang sutradara, Greta Gerwig sukses menjadi sutradara wanita pertama yang mencapai penjualan tiket secara global dengan nilai 1 miliar USD dalam tujuh belas hari setelah perilisannya.

Baca Juga: Catat, Inilah Akhir Jadwal Tayang Film Barbie di Bioskop XXI yang Disutradarai Greta Gerwig

Saking boomingnya film Barbie, bahkan banyak para penggemar yang rela melakukan apapun demi untuk bisa tampil layknya Bärbie untuk kemudian diunggah di media sosial mereka masing-masing.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Seperti misalnya seorang ayah yang rela merubah mobilnya menjadi serba pink demi menonton film tersebut bersama anak perempuannya.

Juga ada banyak artis, selebritis dan publik figur Indonesia yang mengenakan kostum bertema Barbie saat menyaksikan film tersebut dan diunggahnya di akun Instagram pribadinya.

Baca Juga: Bersaing Jumlah Penonton, Ini Pendapatan Film Barbie dan Oppenheimer Setelah Sepekan Tayang

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Bahkan, jika kalian mencari kata kunci "Barbie, mulai dari pemerannya, sutradaranya, dll, maka tampilan Google kalian akan berubah menjadi pink dengan banyak kembang api yang meletup-letup.

Perlu diketahui bahwa Greta Gerwig telah memecahkan rekor penjualan global terbanyak yang sebelumnya dipegang oleh Patty Jenkins, yang menyutradarai film Wonder Woman pada tahun 2017.

Film Barbie, yang ditulis dan disutradarai langsung oleh Gerwig, baru saja menambahkan angka penjualan mereka sebesar 53 juta USD dari empat ribu seratus tujuh puluh delapan lokasi penayangan di Amerika Utara pada akhir pekan ini.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Ini Inspirasi Fashion Dari Film Barbie: Tren Barbiecore yang Serba Pink Bikin Tampil Cantik dan Kian Memukau

Ditambah dengan penjualan Internasional yang baru saja masuk sebesar 74 juta USD. Nominal tersebut membuat film Barbie mendapatkan penjualan Internasional sebesar 1.03 miliar USD, menurut perkiraan studio pada hari minggu.

Film Barbie sudah mendapatkan tempat di posisi nomor satu sejak tiga minggu terakhir dan angka tersebut belum berakhir, mengingat perjalanan film Barbie di bioskop seluruh dunia masih sangat panjang.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Untuk saat ini saja, film Barbie sudah mengungguli 400 juta USD untuk penjualan tiket mereka di Amerika Serikat, dan 500 juta USD untuk penjualan mereka di Internasional.

Baca Juga: Behind The Scenes Film Barbie: Inilah Rahasia Produksi yang Diungkap Margot Robbie

Nominal tersebut membuat Barbie mengungguli kecepatan penjualan tiket dari film-film lain di Warner Bros, perusahaan yang memproduksi film Barbie, termasuk film legendaris Harry Potter yang pernah mereka produksi.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

"Sebagai kepala distribusi, kami tidak sering dibuat terdiam oleh kinerja film, tapi Barbillion bahkan menghancurkan ekspektasi kami yang paling optimis," kata Jeff Goldstein dan Andrew Cripps, pengawas distribusi domestik dan lokal untuk Warner Bros.

Dalam sejarah Box Office modern yang pernah tercatat, hanya ada sekitar lima puluh tiga film yang menghasilkan penjualan tiket lebih dari 1 miliar USD (sebelum inflasi).

Baca Juga: Daftar Soundtrack Film Barbie yang Dinyanyikan Artis Pop Papan Atas Dunia Mulai Dari Nicki Minaj Hingga Lizzo

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Hari ini, film Barbie memecahkan rekor tersebut dan menjadi salah satu film tersukses yang pernah dibuat oleh sutradara wanita untuk saat ini. Memecahkan tittle yang sebelumnya diberikan kepada Wonder Woman yang telah meraup sekitar 821,8 juta USD.

Namun, film Barbie masih berada di posisi nomor empat untuk saat ini sebagai film tersukses yang disutradarai wanita. Masih ada tiga film sukses lain yang mengungguli pendapatan film Barbie sebelumnya.

Film tersebut adalah film Frozen yang disutradarai oleh Jennifer Lee yang menghasilkan total 1,3 miliar USD. Lalu ada film Frozen 2 yang disutradarai juga oleh Jennifer Lee yang menghasilkan total 1,45 miliar USD, dan terakhir ada film Captain Marvel yang disutradarai oleh Anna Boden yang telah menghasilkan total 1,1 miliar USD.

Baca Juga: Peringati Hari Bela Negara, Ibnu Chuldun: Bersatu dan Berkontribusi untuk Indonesia Maju

Baca Juga: Di balik Soundtrack Keren Film Barbie, Ada Mark Ronson yang Habiskan Setahun Hidupnya Untuk Menciptakan Musik

Namun, film Barbie telah melampaui pencapaian yang telah diraih oleh Captain Marvel untuk penjualan tiket di Amerika Serikat yaitu sebesar 459,4 juta USD mengungguli Captain Marvel yang menghasilkan 426,8 juta USD.

Dengan begitu, maka film Barbie mendapatkan rekor sebagai film live-action yang disutradarai oleh wanita paling sukses di Amerika Utara.

Baca Juga: Permohonan Layanan Melonjak, Sandi Andaryadi: Imigrasi DKI Jakarta Harus Bekerja Prima

Rekan bersama dan CEO dari Warner Bros, Michael da Luca dan Pam Abdy, memuji keberhasilan dan kecermatan dari Gerwig dalam menyusun dan merekonstruksi film Barbie hingga sangat laku di pasaran.

Baca Juga: Ini Dia 17 Quotes Keren Dari Film Barbie yang Bisa Menginspirasi Kamu untuk Jadi Lebih Baik

"Ini merupakan bukti kecemerlangannya dan komitmennya untuk menghadirkan film yang ingin dilihat oleh penggemar Barbie dari segala usia di layar lebar," kata mereka, dikutip oleh Orbitindonesia.com dari euronews.com Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca Juga: Denny JA: Puisi Esai Waktunya Masuk Kampus dan Sekolah

Pencapaian dari film Barbie tetap bisa dibilang sangat mengesankan. Karena, sejak pandemi yang melanda dunia beberapa tahun yang lalu, hanya ada lima film yang berhasil melakukan hal yang sama seperti yang Barbie lakukan.

Film tersebut adalah Super Mario Brothers yang tayang di awal tahun ini, Spiderman: No Way Home, Top Gun: Maverick, Jurassic World Dominion, dan sequel dari film Avatar berjudul Avatar: The Way of Water.

Baca Juga: Viral, Google Ikut Euforia Penayangan Film Barbie Lewat Pencarian yang Muncul Super Manis Nuansa Pink

Baca Juga: Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun Resmikan Laboratorium Peradilan Pidana Universitas Yarsi

Baru-baru ini, Cinemagoers membuat kejutan kepada publik dengan menggabungkan Barbie dengan Christopher Nolan dari film Oppenheimer, yang kemudian disebut dengan sebutan Barbenheimer oleh para penggemar.

Hal tersebut dilakukan untuk mengapresiasi dua film yang tayang bersamaan dan sama-sama meraih kesuksesan,

Diketahui bahwa film Oppenheimer juga berhasil memecahkan rekor sejarah dengan mencapai 500 juta USD penjualan tiket secara global dalam waktu tiga minggu setelah pertama kali dirilis.

Baca Juga: Pembunuh Petugas Imigrasi Tri Fattah Firdaus Jadi Tersangka, Sandi Andaryadi: Kami Apresiasi Polda Metro Jaya

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film Barbie yang diperankan Margot Robbie dan Ryan Gosling: Bikin Gak Sabar Nonton

Nominalnya saat ini ada di angka 552,9 juta USD dari seluruh penjualan tiket yang dilakukan di seluruh dunia. Angka tersebut melebihi nominal yang dihasilkan oleh film Dunkrik pada tahun 2017 yang berhasil mendapatkan total 527 USD.

Hal tersebut membuat film Oppenheimer menjadi film tersukses kelima yang pernah dibuat oleh Nolan sepanjang karirnya di dunia film. Dan menjadi salah satu dari empat film biografi paling laris yang pernah ada.

Baca Juga: Warga Negara Asing Asal Korea Selatan Jadi Tersangka Pembunuhan Petugas Imigrasi Tri Fattah Firdaus

Film biografis tersukses sebelumnya adalah Bohemian Rhapsody, The Passion of the Chris and American Sniper, serta film Perang Dunia II terbesar sepanjang masa.

Baca Juga: Profil Lengkap Margot Robbie, Aktris Cantik yang Jadi Lawan Main Ryan Gosling Dalam Film Barbie

Dan pencapaian dua film itu belum selesai. Dengan pemutaran teatrikal film Barbie dan Oppenheimer yang masih terus berlanjut, maka film Barbie dan Oppenheimer akan kembali memecahkan rekor di minggu-minggu yang akan datang.***

Berita Terkait