DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Jadi Pelajaran! Penyelenggara Konser Coldplay di Jakarta Dinilai Kurang Persiapan, Mulai Gate Ultimate Jebol Hingga Penipuan Tiket

image
Penyelenggara konser Coldplay di Jakarta dinilai kurang persiapan matang.

ORBITINDONESIA.COM – Konser Coldplay di Jakarta yang diselenggarakan Rabu, 16 November kemarin sempat mengalami kondisi tak kondusif yang merugikan beberapa penonton yang sudah membeli tiket.

Meskipun konser Coldplay di Jakarta sukses digelar dengan meriah, namun ada banyak hal yang perlu dievaluasi oleh pihak penyelenggara karena dinilai kurang persiapan.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Salah satu yang merugikan para penonton konser Coldplay di Jakarta adalah gate ultimate yang jebol hingga banyaknya laporan penipuan tiket oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Menyambut Konser Coldplay di Jakarta, Polisi Kerahkan 3.906 Personel

Dari banyaknya keluhan yang beredar, ada beberapa hal yang disoroti selama proses masuk stadion dan pengecekan tiket oleh pihak penyelenggara.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Berikut kondisi yang banyak dikeluhkan menjelang konser hingga saat konser berlangsung:

Proses Scan Tiket bermasalah

Menurut informasi yang beredar, pada saat proses pengecekan tiket, banyak penonton yang tiketnya tidak bisa di scan sehingga membuat banyak penonton kesulitan masuk kedalam gate.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Nonton Konser Band Rock Legendaris Air Supply di Solo Pada 1 Desember 2023

Selain itu, ada juga tiket yang sudah di scan tapi para penontonnya belum bisa masuk sehingga barcode yang ada dipakai berkali-kali.

Polisi menerima laporan penipuan 400 tiket konser Coldplay

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Kapolres Metro Jakarta Pusat mengatakan bahwa mereka menerima laporan terkait penipuan penjualan 400 tiket Coldplay yang total kerugiannya mencapai 1.3 miliar.

Penonton yang sudah membeli tiket tidak bisa masuk

Menurut informasi yang beredar di media sosial, ada banyak orang yang sudah membeli tiket konser malah tidak bisa masuk ke dalam venue sehingga membuat para penonton ini hanya bisa berdiam diri di depan gate.

Baca Juga: Taylor Swift Raih Debut Film Konser Terbesar Ungguli Never Say Never Milik Justin Bieber

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Banyak penonton tanpa tiket bisa masuk ke dalam venue

Ditengah banyaknya penonton yang memiliki tiket namun tidak bisa masuk, di sisi lain ada banyak penonton yang bisa menyelinap masuk ke dalam tanpa memiliki tiket.

Terhitung, ada 20 penonton terciduk petugas di CAT 3 yang sama sekali tidak memiliki tiket, jumlah tersebut belum termasuk di seat lainnya.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Alur dinilai kacau

Penonton yang hadir disana membeberkan keadaan saat antrian dimulai dan mengungkapkan bahwa alur gate festival tidak segaris dengan pintu festival begitupun dengan CAT lainnya sehingga banyak penonton yang bertabrakan di dalam.

Baca Juga: Aula Simfonia Jakarta Gelar Konser Musik Klasik Akbar di Monas Minggu Malam

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Selain itu, stand makanan jumlahnya sangat kurang dan antriannya sangat jauh sehingga banyak orang yang pingsan sebelum konser dimulai.

Gate Ultimate jebol

Saat konser sudah dimulai, kondisi di luar stadion GBK masih belum kondusif, bahkan gate ultimate seharga 11 juta bisa sampai jebol dan dimasuki sembarang orang.

Baca Juga: Peringati Hari Bela Negara, Ibnu Chuldun: Bersatu dan Berkontribusi untuk Indonesia Maju

Bahkan dari video yang beredar terlihat banyak orang yang berlarian di dalam gate sehingga membuat orang-orang disekitarnya merasa terganggu hingga ketakutan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Konser SMTOWN LIVE 2023 Jakarta, dari Keseruan Fans hingga Penampilan Spektakuler Artis SM

Itulah beberapa kejadian yang disayangkan dan perlu evaluasi dari pihak penyelenggara yang menjadi sorotan selama konser Coldplay berlangsung.

Baca Juga: Permohonan Layanan Melonjak, Sandi Andaryadi: Imigrasi DKI Jakarta Harus Bekerja Prima

Para penggemar Coldplay sangat menyayangkan kejadian ini sehingga membuat banyak orang merasa kecewa padahal konser Coldplay ini sangat dinantikan oleh banyak penggemar.

Para penonton berharap kejadian seperti ini dapat menjadi pelajaran sehingga tidak terulang kembali di waktu yang akan datang.

Baca Juga: Bersiaplah, Young K DAY 6 akan Gelar Konser Tunggal Perdana Letter with Notes di Jakarta

Kejadian ini juga sebaiknya menjadi evaluasi bagi para promotor atau penyelenggara konser lainnya agar tidak mengecewakan para penonton yang sudah mengorbankan uang dan waktunya demi menghadiri konser artis favorit mereka.

Baca Juga: Denny JA: Puisi Esai Waktunya Masuk Kampus dan Sekolah

Selain itu, kewaspadaan juga perlu ditingkatkan kepada para penggemar yang berniat membeli tiket konser karena kejadian penipuan tiket tidak hanya terjadi sekali dua kali namun sangat sering terjadi saat konser apapun itu.

Maka dari itu, pastikan kalian membeli tiket di website resmi yang telah ditentukan atau di akun partner terpercaya yang ditunjuk oleh pihak sponsor atau promotor.

Baca Juga: Sukses Digelar di Korea, Berikut Puluhan Lagu yang Dibawakan dalam Konser NCT NATION: To The World

Baca Juga: Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun Resmikan Laboratorium Peradilan Pidana Universitas Yarsi

Pikirkan berkali-kali untuk membeli tiket dari calo yang memasang harga tidak masuk akal, sebaiknya hindari pembelian tiket melalui calo untuk mencegah kecurangan-kecurangan lain di acara berikutnya.***

Berita Terkait