DECEMBER 9, 2022
Internasional

Rp853 Triliun Paket Dukungan Tambahan untuk Ukraina Telah Disetujui Uni Eropa

image
Ilustrasi senjata perang. Uni Eropa membantu mendanai Ukraina. (ANTARA/Anadolu)

ORBITINDONESIA.COM - Para pemimpin Uni Eropa pada Kamis, 1 Februari 2024 menyetujui paket dukungan tambahan untuk Ukraina dalam anggaran organisasi regional tersebut.

Bantuan untuk Ukraina itu diputuskan di tengah pertemuan khusus Dewan Eropa di Brussels.

"Kami sepakat. Ke-27 pemimpin menyepakati paket dukungan tambahan sebesar 50 miliar euro (sekitar Rp853 triliun) untuk Ukraina sesuai anggaran Uni Eropa" kata Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

Baca Juga: Uni Eropa Desak Jeda Baru Dalam Perang Israel di Gaza

Hal tersebut terjadi ketika para pemimpin UE berkumpul dalam pertemuan khusus di Brussels untuk membahas "masalah-masalah mendesak," termasuk mendukung Ukraina dan situasi di Timur Tengah.

Pada Desember 2023, para pemimpin tidak dapat menyetujui paket bantuan keuangan sebesar 50 miliar euro (sekitar Rp853 triliun) untuk Kiev karena adanya penentangan dari Hongaria.

"Hal ini menjamin pendanaan yang stabil, berjangka panjang dan dapat diprediksi untuk #Ukraina. Uni Eropa mengambil kepemimpinan dan tanggung jawab dalam mendukung Ukraina; kami tahu apa yang dipertaruhkan," tulis Michel di platform X.

Baca Juga: Belajar dari Perang Rusia vs Ukraina: Estonia, Latvia, Lithuania Akan Bangun Garis Pertahanan Baltik

Menyambut baik kesepakatan tersebut, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan hal tersebut adalah "hari yang baik bagi Eropa." ***

Sumber: Antara

Berita Terkait