DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Meski Sudah Diserbu Rusia, Ukraina Masih Berada di Daftar Tunggu untuk Jadi Anggota NATO

image
Rusia meluncurkan serangan rudal ke kota Ukraina, tapi Ukraina masih harus menunggu untuk jadi anggota NATO.

ORBITINDONESIA.COM - Ada kabar buruk buat Ukraina. Sejak 2008, ketika NATO secara resmi menyambut aspirasi Ukraina untuk menjadi anggota pada pertemuan puncaknya di Bucharest, negara itu telah berada di ruang tunggu aliansi.

Sekarang, setelah invasi Rusia skala penuh, Ukraina diminta untuk menunggu lebih lama, tanpa batas waktu kapan akhirnya bisa dimasukkan dalam NATO, yang menawarkan Kyiv mungkin satu-satunya kesempatan untuk menghindari serangan Rusia di masa depan terhadap kedaulatannya.

Kebijakan Luar Negeri telah mengetahui bahwa Ukraina tidak akan diundang untuk bergabung dengan NATO pada pertemuan puncak tahunan aliansi bulan depan di Vilnius, Lituania.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Kamu Bisa Pakai Rute Transportasi Umum Ini ke Jakarta Fair Kemayoran 2023, Nggak Perlu Bawa Kendaraan Pribadi

Sekutu malah menyusun paket yang mencakup keanggotaan yang kurang penuh dan jaminan keamanan yang jauh dari apa yang menurut Ukraina diperlukan untuk menangkal serangan Rusia di masa depan.

Para menteri pertahanan negara-negara NATO berkumpul di Brussel minggu ini untuk membahas cara meningkatkan dukungan bagi Ukraina, yang saat ini terlibat dalam serangan balasan terhadap pasukan Rusia.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

KTT minggu ini adalah persiapan untuk pertemuan di Vilnius, di mana para pemimpin NATO akan mengumumkan komitmen jangka panjang mereka untuk negara yang diperangi itu.

Anggota NATO besar dan kecil bersatu dalam upaya mereka untuk mendukung Ukraina sekarang dan di masa depan. Tetapi mereka berhati-hati dalam melakukan perlindungan penuh NATO di tengah perang.

Baca Juga: Sayid Ali Khamenei: Jangan Mencaci Maki Sahabat Nabi Muhammad SAW

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Mereka khawatir jika Ukraina termasuk dalam aliansi, mereka harus berpartisipasi aktif dalam perang bersama pasukan Ukraina di bawah Pasal 5.

Pasal 5 ini menganggap, serangan terhadap salah satu anggota sebagai serangan terhadap semua anggota dan mengikat setiap negara anggota untuk mengangkat senjata dalam pertahanan. lain.

Desas-desus di Brussel adalah bahwa keengganan untuk memasukkan Ukraina ke dalam kelompok terutama karena kekhawatiran Presiden Rusia Vladimir Putin meningkat, dan menggunakan aksesi Ukraina ke NATO sebagai pembenaran untuk apa yang mungkin meningkat menjadi serangan nuklir.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Ada perasaan yang terlihat bahwa negara-negara besar NATO masih memilih untuk melangkah dengan hati-hati dan tidak ingin mempercayai narasi Putin.

Baca Juga: Ditjen Kekayaan Intelektual Fasilitasi Pendaftaran 24 Merek dan 1 Hak Cipta UMKM di Kepulauan Riau

“Ada banyak ketidakpastian, dan beberapa negara tidak ingin dikurung,” kata Duta Besar Juri Luik, perwakilan tetap Estonia untuk NATO, kepada FP.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

“Kami benar-benar tidak tahu bagaimana perang akan berakhir,” diplomat lain, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan kepada FP.

Tampaknya ada konsensus luas di antara anggota NATO, bahkan termasuk beberapa negara Baltik, untuk menahan undangan keanggotaan penuh.

Tetapi ada kritik terhadap negara-negara besar karena enggan menjanjikan bahkan peta jalan untuk Ukraina, tentang bagaimana dan kapan bisa bergabung dengan kelompok itu setelah perang berakhir. FP telah mengetahui bahwa Ukraina bahkan tidak akan ditawari batasan waktu.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Baca Juga: AS Diberi Akses Tanpa Hambatan ke Pangkalan Papua Nugini Dalam Perjanjian Pertahanan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan aksesi NATO yang dilacak dengan cepat pada September 2022, setelah Rusia melakukan referendum palsu dan mencaplok empat wilayah Ukraina.

Dia telah mengancam bahwa dia mungkin tidak hadir dalam KTT Vilnius jika Ukraina tidak diberi “sinyal” bahwa inklusi akan segera terjadi begitu konflik saat ini berakhir.

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Diplomat NATO dengan bersemangat mendiskusikan jaminan keamanan untuk meredakan kekhawatiran Ukraina, dan mengatakan bahwa kata-kata terakhir mungkin akan disampaikan pada KTT Vilnius.

Seperti biasa, ada ketidaksepakatan dalam NATO. Amerika Serikat dan Jerman mengarahkan pembicaraan ke sini dan sekarang, dan mengatakan fokusnya harus pada perang yang sedang berlangsung daripada serangan Rusia di masa depan.

Baca Juga: Empat Pilar meningkatkan Emotional Quotient (EQ) secara konsisten

Baca Juga: Peringati Hari Bela Negara, Ibnu Chuldun: Bersatu dan Berkontribusi untuk Indonesia Maju

Sedangkan negara-negara Eropa Timur dan tengah mendorong rencana yang koheren untuk memasukkan Ukraina ke dalam NATO dan jaminan keamanan yang mengikat, daripada jaminan dukungan militer yang sedikit lebih banyak daripada yang diberikan saat ini.

“Inklusi penuh Ukraina dalam NATO tidak akan menghalangi Putin,” tambah Luik.

Alina Frolova, mantan wakil menteri pertahanan Ukraina, mengatakan penundaan dalam memberikan peta jalan kepada Ukraina terutama disebabkan oleh kebijakan AS.

Baca Juga: Permohonan Layanan Melonjak, Sandi Andaryadi: Imigrasi DKI Jakarta Harus Bekerja Prima

“Dari apa yang saya dengar, AS keberatan,” katanya kepada FP melalui komunikasi terenkripsi dari Kyiv. “AS masih berpikir [dengan menawarkan peta jalan kepada Ukraina] bahwa mereka mungkin memprovokasi Rusia.” ***

Berita Terkait