DECEMBER 9, 2022
Nasional

Presiden Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Plt Menko Polhukam

image
Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian (kiri). (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD yang telah mengundurkan diri.

Penunjukan itu disampaikan Presiden dalam Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 yang ditandatangani di Jakarta, Jumat 2 Februari 2024.

Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Tito Karnavian akan menjadi Plt. Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode 2019—2024 sampai ada Menko Polhukam definitif.

Baca Juga: Tidak Perlu Waktu Lama, Presiden Jokowi Langsung Siapkan Keppres Pengunduran Mahfud MD

Mahfud telah bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, untuk menyerahkan langsung surat pengunduran dirinya dari jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Mahfud, yang menjadi calon wakil presiden menyatakan  mundur untuk memberi contoh kepada pejabat negara lain agar tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara selama berkampanye Pemilu.

Ia juga sudah mendiskusikan langkah politiknya itu dengan Ganjar Pranowo, serta dengan partai pengusung/pendukung dan tim kampanye. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait