Nasional

Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 54,8 Persen, Berpotensi Menang Satu Putaran Saja

image
Prabowo Subianto (Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Lembaga Survey and Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terkini dimana elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mereka nyatakan menembus angka 54,8 persen.

"Elektabilitas pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran sebesar 54,8 persen, unggul dari pasangan calon Anies-Muhaimin dan Ganjar- Mahfud," kata Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Lanjut dia, untuk posisi kedua diraih pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebesar 24,3 persen.

Sementara di posisi ketiga, pasangan calon nomor urut 3 yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dengan elektabilitas 16,1 persen. "Tersisa 4,8 persen responden yang belum menentukan pilihan," ujarnya.

Baca Juga: Survey Indikator, 60,2 Persen Setuju Exco Dan Ketum PSSI Mundur

Menurut dia, perbedaan elektabilitas Prabowo-Gibran dan dua pasangan calon lain sangat besar. Sehingga bila seluruh responden yang belum menentukan pilihan kepada dua pasangan calon lain, tidak akan mampu menggeser klaim kemenangan dari Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024.

Selain itu kata dia, suvei juga memotret sebanyak 82 persen responden menyatakan tidak akan mengubah dukungan politiknya. Lalu, mereka yang masih bisa berubah sebesar 15,9 persen, dan yang tidak menjawab ada 2,1 persen.

Survei SPIN dilakukan dalam rentang waktu 5 - 8 Februari 2024, dengan menggunakan metode random digit dialing dan menggunakan bantuan kuesioner, yang dilakukan oleh surveyor terlatih.

Baca Juga: Survei Poltracking: Prabowo-Gibran Berpeluang Menang Satu Putaran Saja di Pilpres, Raih Dukungan 50,9 Persen

Dalam pengambilan sample, SPIN melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Hasilnya, margin of error (MoE) kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. ***

Berita Terkait