DECEMBER 9, 2022
Internasional

Prabowo-Gibran Menang di TPS Beijing China

image
Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Beijing menghitung suara di KBRI Beijing pada Rabu 14 Februari 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang berdasarkan perhitungan surat suara melalui tempat pemungutan suara (TPS) serta pos yang diterima oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beijing.

Rinciannya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 82 suara, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 271 suara, dan Ganjar-Mahfud 178 suara.

PPLN Beijing menerima dua metode saluran surat suara yaitu surat suara yang dicoblos langsung di dua TPS di KBRI Beijing pada Rabu 14 Februari 2024 dan surat suara yang dicoblos kemudian dikembalikan melalui pos.

Baca Juga: Narasi Satu Putaran Saja Oleh Denny JA Untuk Kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 Mendekati Kenyataan

Di dua TPS tersebut, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 51 suara, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 111 suara, dan Ganjar-Mahfud memperoleh 116 suara.

Adapun surat suara tidak sah sebanyak 4 lembar dan  rusak 1 lembar, sehingga total suara yang terpakai 282 lembar.\

Sementara dari penghitungan surat suara memakai pos, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 31 suara, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 160 suara, dan Ganjar-Mahfud memperoleh 62 suara.

Baca Juga: Prabowo Subianto: Kampanye Telah Selesai, Kita Harus Bersatu Kembali

Surat suara tidak sah 5 lembar, sehingga total surat suara yang terpakai adalah 258 surat suara.

Penghitungan suara TPS dilaksanakan dua jam setelah TPS ditutup yaitu mulai pukul 21.00 waktu Beijing atau pukul 20.00 WIB dengan disaksikan beberapa orang pemilih termasuk Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Beijing, China Parulian Silalahi dan Atase Pertahanan Kedutaan Besar RI di Beijing Kolonel Benny Poltak Nadeak. Perhitungan surat suara selesai pada Rabu pukul 24.00 waktu setempat.

Sedangkan perhitungan surat suara melalui pos dilaksanakan mulai Kamis pukul 00.00 waktu setempat.

Baca Juga: Prabowo Subianto Unggul, Denny Siregar Kalah Taruhan Rp50 Juta dengan Abu Janda

Perhitungan suara legislative masih berlangsung sampai sekarang ini.

Berdasarkan data PPLN Beijing, total DPT adalah 786 pemilih yang terdiri dari 294 pemilih laki-laki dan 492 pemilih perempuan.

Dari jumlah tersebut, DPT TPS sebanyak 338 dan DPT pos adalah sebanyak 448 orang.

Baca Juga: Charta Politika Yakin Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran di Pilpres 2024

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024. ***

Berita Terkait