DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Buka Pendaftaran Seleksi Masuk Poltekpar, Sandiaga Uno: Ini Jalur untuk Sukses

image
Sandiaga Uno membuka pendaftaran seleksi msuk bersama Poltekpar. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membuka secara resmi pendaftaran seleksi bersama masuk (SBM) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) tahun ajaran 2024/2025 dalam ranga menjaring calon sumber daya manusia pariwisata terbaik.

"Saya sangat bangga setiap penerimaan mahasiswa baru,” kata Sandiaga dalam acara peluncuran SBM Poltekpar 2024/2025, di The Weekly Brief With Sandi Uno Senin 26 Februari 2024.

Tema penerimaan mahasiswa baru tahun ini adalah Pendidikan Vokasi Berkualitas akan Menghasilkan SDM Pariwisata Unggul dan Berdaya Saing Internasional.

Baca Juga: Sandiaga Uno Targetkan Konser Ed Sheeran di JIS Jakarta Beri Dampak Ekonomi Rp100 Miliar

"Ini adalah jalur untuk mencapai kesuksesan. Ingin mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha? Kuliahnya di Poltekpar Aja!" kata Sandiaga.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekpar TA 2024-2025 yang juga Direktur Poltekpar Bali, Ida Bagus Putu Puja, mengemukakan, seleksi ini adalah satu dari dua jalur penerimaan mahasiswa baru.

Selain seleksi bersama, enam Poltekpar di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yakni Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Lombok, dan Poltekpar Makassar juga membuka seleksi masuk mandiri.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Peran Perempuan dan Kesetaraan Gender Jadi Perhatian Dalam Konferensi PBB Tentang Pariwisata 

"Ini kita bagi menjadi tiga tahapan," ujar Puja.

Pertama tes skolastik dan literasi tanggal 20 Mei 2024. Kemudian dilanjutkan tes wawancara tanggal 6-7 Juni 2024, serta tes kesehatan tanggal 10 Juni 2024.

Untuk pendaftaran SBM inidibuka mulai tanggal 26 Februari 2024 sampai 4 Mei 2024, kata Puja.

Baca Juga: Gandeng Puluhan Mitra Co Branding Wonderful Indonesia, Sandiaga Uno Luncurkan Program Belanja Ekstra Murah

Kuota penerimaan mahasiswa baru Poltekpar 2024-2025 sebesar 3.660 dengan pembagian 60 persen jalur SBM dan 40 persen untuk seleksi mandiri.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan, Poltekpar sekolah vokasi.

Fakta yang ada, katanya, lulusan Poltekpar tidak perlu menunggu sampai satu tahun lulus, atau bahkan sebagian sudah diterima bekerja sebelum mereka lulus. ***

Berita Terkait