DECEMBER 9, 2022
Nasional

Kementerian Agama Targetkan Bangun 1.000 Kampung Moderasi Beragama di 34 Provinsi Tahun Ini

image
Direktur Penerangan Agama Islam, Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama, Ahmad Zayadi. (ANTARA/HO-Kemenag)

ORBITINDONESIA.COM - Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Ahmad Zayadi menargetkan Kampung Moderasi Beragama (KMB) percontohan bisa dibangun di 34 provinsi tahun ini. 

Zayadi memastikan implementasi 1.000 KMB yang diluncurkan pada Juli 2023 lalu tidak hanya seremonial, tapi mampu membangun kesadaran masyarakat yang memiliki cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang moderat.

"Upaya dan strategi yang kami lakukan adalah memperkuat sinergi lintas kementerian/lembaga dan civil society," ujar Zayadi di Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Baca Juga: Kantor Urusan Agama akan Layani Semua Agama, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas: Tempat Menikah Semua Agama

Zayadi telah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga melalui focus group discussion yang berlangsung di Jakarta, Selasa.

Perpres Nomor 58 Tahun 2023 tentang Penguatan Moderasi Beragama adalah payung hukum merawat keragaman, di mana Kementerian Agama menjadi aktor utamanya, kata Zayadi.

Menurutnya, strategi berikutnya ialah menguatkan kapasitas kelompok kerja, fasilitator, relawan, dan pihak terkait, serta kerja sama dengan kepala daerah setempat. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait