DECEMBER 9, 2022
Nusantara

​​​​​​Kapal Pengangkut Terbalik di Aceh Barat, Seratusan Etnis Rohingya Terapung di Laut

image
??????Seratusan warga etnis Rohingya asal Myanmar berupaya menyelamatkan diri setelah kapal mereka diduga terbalik di perairan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Rabu 20 Maret 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Seratusan warga etnis Rohingya dilaporkan mengalami kecelakaan di perairan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat pada Rabu 20 Maret 2024 pagi setelah kapal yang mereka tumpangi diduga terbalik di perairan setempat atau sekitar 16 mil dari daratan Aceh Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Mimi Al Nur kepada wartawan, Rabu di kantornya membenarkan tentang informasi satu kapal etnis Rohingya yang tenggelam di perairan Kabupaten Aceh Barat.

"Ada enam warga Rohingya yang telah dievakuasi nelayan dan di antar ke kantor Camat Samatiga. Sisanya masih mengapung di laut," kata Mimi Al Nur.

Baca Juga: Cuma Ditampung Sementara, UNHCR Belum Pastikan Lokasi Penempatan Pengungsi Rohingya di Aceh

Ada pun warga Rohingya asal Myanmar yang telah berada di Balai Serbaguna Kantor Camat Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, adalah Selin, laki-laki berusia 34 tahun, Zahed laki-laki berusia 18 tahun, Afsara, perempuan berusia 18 tahun.

Kemudian Rufeyas perempuan berusia 18 tahun, Ropeka Aktar perempuan berusia 15 tahun, serta Ruzoma perempuan berusia 15 tahun, dan semuanya berasal dari Myanmar.

Informasi yang diperoleh, seratusan warga Rohingya asal Myanmar tersebut sedang dalam perjalanan menuju ke Australia, dan melintasi perairan Aceh.

Baca Juga: Kemenkumham Siapkan Proses Deportasi Warga Bangladesh di Penampungan Rohingya di Aceh

Namun setibanya di kawasan perairan Kabupaten Aceh Barat, kapal yang mereka tumpangi terbalik di laut. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait