DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Kiper Klub Panathinaikos di Liga Yunani Cyrus Margono Ambil Sumpah WNI di Kanwil Kemenkuham DKI Jakarta

image
Pesepak bola Cyrus Margono usai mengambil sumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI) di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, Kamis 21 Maret 2024. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt.)

ORBITINDONESIA.COM - Kiper yang bermain di klub Panathinaikos, kasta kedua Liga Yunani, Cyrus Margono resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah di Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis 21 Maret 2024.

Cyrus mengambil sumpah WNI ditemani ayahnya Johan Margono dan staf ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bidang Diaspora dan Kepemudaan Hamdan Hamedan.

Cyrus tidak menjalani proses naturalisasi. Kiper bertinggi 1,91 meter itu hanya tinggal diberi status sebagai WNI saja karena dulunya telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Indonesia, tetapi ketika ingin mendapat paspor, pengajuannya ditolak.

Baca Juga: Setelah Resmi Jadi WNI, Ragnar Oratmangoen yang Berdarah Maluku Ini Ingin Bawa Indonesia Masuk Piala Dunia

Penolakan itu terjadi karena status WNI-nya ter-suspend mengingat ia belum menentukan kewarganegaraannya setelah melewati batas usia maksimal yaitu 21 tahun akibat ia memiliki darah campuran dan lahir di luar negeri.

Setelah menyelesaikan pengambilan sumpah WNI, Cyrus membuka peluang untuk memperkuat tim nasional Indonesia.

Ia juga berpeluang memperkuat timnas Indonesia pada Piala Asia U-23 Qatar yang dimulai pada 15 April karena usianya baru 22 tahun.

Baca Juga: Setelah Resmi Jadi WNI, Thom Haye: Saya Ingin Berkontribusi kepada Sepak Bola Indonesia

Cyrus adalah kiper kelahiran Mount Kisco, New York, Amerika Serikat 9 November 2001.

Cyrus mempunyai darah Indonesia dari ayahnya, sedangkan ibunya adalah orang Iran.

Cyrus sekarang memperkuat Panathinaikos B setelah pindah dari klubnya UK Wildcats di Amerika Serikat pada 30 Agustus 2021.

Baca Juga: Ambil Sumpah WNI Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, Ibnu Chuldun: Naturalisasi Jadi Kepentingan Negara

Di musim ini, Cyrus telah tampil 17 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan tiga clean sheets dan total 1.530 menit bermain. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait