DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Ibnu Chuldun: Paspor Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Diselesaikan Super Kilat

image
Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun (tengah) usai pengambilan sumpah WNI pemain sepak bola Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen di Jakarta Senin 18 Maret 2024 tengah malam. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM – Paspor untuk pemain sepak bola Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen selesai dalam kurun waktu 2,5 jam usai pengambilan sumpah WNI Senin 18 Maret 2024 tengah malam.

"Ini proses super kilat. Malam ini [Senin malam] sumpah. Malam ini perekaman KTP. Malam ini pembuatan paspor. Insha Allah [Selasa dini hari] jam 2 pagi sudah bisa jadi paspor Indonesia-nya," ungkap Kepala Kanwil Kementeria Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun.

Dalam keterangannya secara tertulis kepada OrbitIndonesia Selasa pagi, Ibnu Chuldun mengatakan, pengambilan sumpah WNI Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye dilangsungkan Senin pukul 23.30 WIB di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Baca Juga: Pemain Sepak Bola Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Ambil Sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

Setelah itu dilangsungkan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) DKI Jakarta.

Kemudian dilanjutkan pembuatan paspor Indonesia. Ibnu Chuldun menyebut, paspor Indonesia untuk Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen selesai Selasa dini hari pukul 02.00 WIB atau sekitar 2,5 jam dari pengambilan sumpah WNI.

Pembuatan KTP dan paspor Indonesia untuk Thom Haye an Ragnar Oratmangoen harus dijalankan super cepat, karena PSSI tengah mengejar waktu agar bisa mendaftarkan mereka untuk memperkuat tim nasional (Timnas) Indonesia melawan Vietnam di Hanoi pada 26 Maret 2024.

Baca Juga: Setelah Resmi Jadi WNI, Ragnar Oratmangoen yang Berdarah Maluku Ini Ingin Bawa Indonesia Masuk Piala Dunia

Thom dan Ragnar dijadwalkan akan mengambil sumpah WNI pekan lalu, namun tertunda karena ada dokumen yang belum ditandatangani Ketua DPR.

Thom dan Ragnar dipastikan tidak bisa mencatat debut di pertandingan kandang Timnas Indonesia melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 21 Maret 2024 mengingat batas pendaftaran untuk pertandingan ditutup 14 Maret 2024.

Thom dan Ragnar berkesempatan untuk tampil di pertandingan kedua melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024, karena pendaftaran pemain ditutup pada Selasa 19 Maret 2024.

Baca Juga: Setelah Resmi Jadi WNI, Thom Haye: Saya Ingin Berkontribusi kepada Sepak Bola Indonesia

Setelah paspor Indonesia Thom Haye dan Ragnar rampung, PSSI akan mengajukan perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI sebagai proses akhir.

Jika FIFA menerima perpindahan federasi itu, Thom dan Ragnar akan bisa membela Timnas Indonesia melawan Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 26 Maret 2024. ***

Sumber: cnnindonesia.com

Berita Terkait