DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Ambil Sumpah WNI Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, Ibnu Chuldun: Naturalisasi Jadi Kepentingan Negara

image
Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun (tengah) usai pengambilan sumpah WNI pemain sepak bola Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen di Jakarta Senin 18 Maret 2024 tengah malam. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM – Naturalisasi menjadi kepentingan negara dalam memajukan sepak bola Indonesia.

Hal ini ditegaskan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta Ibnu Chuldun dalam sambutannya usai mengambil sumpah dan janji setia pewarganegaraan pemain sepak bola Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen di kantornya Senin 18 Maret 2024 tengah malam.

Menurut Ibnu Chuldun, naturalisasi ini didorong oleh perintah Presiden dengan dikeluarkannya Inpres Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Sepak Bola Nasional.

Baca Juga: Di Hari Libur, Ibnu Chuldun Ambil Sumpah Pewarganegaraan Calon Pemain Timnas Indonesia Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On

Ibnu Chuldun menjelaskan, pengambilan sumpah dan janji pewarganegaraan Ragnar dan Thom adalah kebanggaan dan momen bersejarah dalam memajukan tim nasional (Timnas) Indonesia.

Tujuan naturalisasi kali ini, tambahnya, adalah untuk memperkuat Timnas Indonesia agar lebih berprestasi di kancah persepakbolaan internasional.

Dampak positif naturalisasi, katanya, adalah meningkatnya peringkat Timnas Indonesia di FIFA, dari semula di urutan ke-175 sekarang di peringkat 142 dunia.

Baca Juga: Bersafari Ramadhan di Rumah Tahanan Cipinang, Ibnu Chuldun: Warga Binaan agar Bersyukur

“Ragnar Anthonius Maria Oeratmangun dan Thom Jan Marinus Haye agar dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan memberikan kontribusi dan prestasi yang membanggakan di sepak bola,” kata Ibnu Chuldun menegaskan.

Thom dan Ragnar berkesempatan untuk tampil di pertandingan kedua melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024, karena pendaftaran pemain ditutup pada Selasa 19 Maret 2024.

Setelah paspor Indonesia Thom Haye dan Ragnar rampung, PSSI akan mengajukan perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI sebagai proses akhir.

Baca Juga: Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Ibnu Chuldun: Paspor Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Diselesaikan Super Kilat

Jika FIFA menerima perpindahan federasi itu, Thom dan Ragnar akan bisa membela Timnas Indonesia melawan Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 26 Maret 2024. ***

Berita Terkait