DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Mudik Lebaran, Basarnas Laksanakan Siaga SAR Khusus di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor Jawa Barat

image
Posko SIaga SAR Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dalam rangka mendukung mudik Lebaran di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (6/4/2024). ANTARA/Aji Cakti

ORBITINDONESIA.COM - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional atau Basarnas, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, melaksanakan Siaga SAR Khusus di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dalam rangka mendukung momentum mudik Lebaran tahun ini.

"Dalam Siaga SAR Khusus angkutan Lebaran, Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta melaksanakan Siaga SAR Khusus, dengan posisi Posko Siaga SAR di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat," ujar Komandan Tim Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Faber Sinaga. kepada ANTARA di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 6 April 2024.

Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta mengerahkan personelnya untuk melakukan antisipasi dan kemungkinan operasi penyelamatan terhadap peristiwa seperti kecelakaan kendaraan atau bencana longsor.

Baca Juga: Dua Warga Swedia Nekat Berkemah di Zona Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Terpaksa Diusir Tim SAR

Dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta juga dibantu oleh personel dari dari instansi TNI-Polri, serta unsur relawan.

Selain itu tim Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta juga didukung dengan peralatan esktrikasi atau Rescue Ekstrication.

"Kami tim dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dalam Siaga SAR Khusus ini menyiapkan peralatan esktrikasi dalam rangka melakukan operasi atau penyelamatan, seperti kecelakaan kendaraan atau tanah longsor," ujar Faber.

Baca Juga: Tim SAR Makassar Mulai Cari 22 Kru Kapal Dewi Jaya II yang Tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan

Di tengah kondisi cuaca ekstrem pada arus mudik Lebaran kali ini, Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta mengimbau kepada para pemudik untuk untuk menyiapkan perlengkapan seperti jas hujan guna menghadapi curah hujan tinggi.

Di samping itu, pemudik juga harus memastikan juga kondisi tubuh dalam keadaan fit, dan bilamana lelah pastikan untuk beristirahat di pos-pos yang berada di lokasi perjalanan mudik.

Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto mengatakan, cuaca ekstrem berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024 ini.

Baca Juga: Keluarga Korban Gigitan Komodo di Pulau Rinca Nusa Tenggara Timur Apresiasi Kesigapan Tim SAR Gabungan

Cuaca ekstrem yang ditandai dengan perubahan cuaca secara tiba-tiba diprakirakan terjadi khususnya di Pulau Jawa pada tanggal 5 hingga 11 April 2024 mendatang, yang bertepatan dengan arus mudik lebaran. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait