DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Video Warga Lampung Timur Panen Ikan di Jalan Berlubang tak Jauh dari Kantor Bupati, Zaiful Bokhari: Saya Prihatin

image
Sekelompok orang sedang memanen ikan di jalan rusak berlubang yang digenangi air di Lampung Timur, Lampung. (tangkapan video)

ORBITINDONESIA.COM – Video yang memperlihatkan sekelompok orang sedang memanen ikan di tengah jalan berlubang digenangi air di Kabupaten Lampung Timur, Lampung viral di jejaring media sosial.

Di video itu, terlihat puluhan orang laki-laki dan perempuan, anak-anak sampai orang dewasa memanen ikan di kubangan jalan berlubang di Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Di dalam video itu, terlihat seorang perempuan berkerudung merah sedang marah-marah menunjukkan jalan berlubang seperti kolam ikan.

Baca Juga: Video Warga Lampung Timur Panen Ikan di Jalan Berlubang tak Jauh dari Kantor Bupati, Zaiful Bokhari: Saya Prihatin

Keadaan jalan rusak berkubang tersebut menyulitkan warga setempat atau pengendara yang hendak melintas di situ.

Mantan bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari selaku tokoh setempat yang dihubungi ORBITINDONESIA menyebut, lokasi jalan berlubang itu ada di Jalan Merdeka, Jalan Soekarno-Hatta, dan Jalan KH M Hanafiah di Kecamatan Sukadana, yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Lampung Timur.

“Kira-kira hanya tiga kilometer jaraknya dari kantor bupati,” ungkap Zaiful Bokhari.

Baca Juga: Endolita! Ini Resep Ikan Panggang Lampung Timur, Rekomendasi Masakan Nusantara

Menurut Zaiful, jalan rusak berlubang ini tepatnya di kawasan Sukadana yang menjadi kampungnya Wakil Bupati Azwar Hadi.

“Jalan yang berlubang ini adalah urat nadi perekonomian masyarakat setempat,” kata Zaiful.

Keadaan ini membuat Zaiful turut prihatin di tengah-tengah triliunan rupiah anggaran daerah.

Baca Juga: Ali Johan Arif PDIP Lampung Timur Turun Tangan Beri Bantuan Hukum kepada Bima Yudho Saputro

Ia melihat kepala daerah Lampung Timur gagal mengelola anggaran hanya sekadar untuk memperbaiki infrastruktur jalan rusak yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat.

“Bagaimana dengan infrastruktur jalan yang jauh dari pandangan mata Bupati dan Wakil Bupati, kalau yang di pusat kota saja tidak terurus?”

Zaiful mengetuk hati aparat penegak hukum untuk segera turun ke lapangan menyelidiki kemungkinan ada dugaan penyimpangan anggaran yang mestinya dipakai untuk mengelola infrastruktur jalan.

Baca Juga: Kritik Pemerintah Lampung, Orang Tua Bima Yudho Diduga Dapat Intimidasi dari Polisi dan Bupati LamTim

Ia juga mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Lampung untuk mengaudit tatakelola keuangan daerah Lampung Timur secara terang benderang.

Infrastruktur jalan adalah urat nadi masyarakat Lampung Timur yang hidupnya bergantung pada sektor pertanian dan perkebunan.

Menurut Zaiful, infrastruktur jalan yang bagus akan meringankan biaya operasional pelaku ekonomi dalam mengangkut hasil bumi dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Baca Juga: ITERA: Situs Purbakala di Pugung Raharjo Lampung Timur Berpotensi Jadi Destinasi ASTROWISATA

“Kalau jalannya rusak tak diurus seperti ini, sama saja bikin masyarakat jadi merugi massal,” tambahnya. ***

Berita Terkait