DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Artis Pemenang Academy Awards, Merryl Streep Pernah Ditolak di Audisi Film King Kong Karena Dianggap Jelek

image
Merryl Streep (Foto: Istimewa)

ORBITINDONESIA.COM - Pada umur 26 tahun, pada masa-masa awal pembentukan karir, Merryl Streep pernah diaudisi untuk pemeran perempuan utama pada film King Kong. Produser legendaris yang menentukan audisi adalah Dino De Laurentiis.

Merryl Streep direkomendasikan oleh Frederico De Laurentiis Jr (anak produser) berdasarkan kinerja yang dia saksikan. Dalam kilas balik diceritakan bagaimana audisi dilakukan di kantor Dino yang mewah di lantai teratas sebuah gedung dengan pemandangan Manhattan.

Belum lama Merryl Streep masuk di ruangan di mana Frederico terlihat antusias untuk mengenalkan aktris baru ke bapaknya, sang produser bicara dalam bahasa Italia, "Che brutta". "Mengapa kamu bawa calon yang jelek".

Baca Juga: Sinopsis Film Bel Canto dan Daftar Pemainnya, Kisah Menegangkan Peristiwa Penyanderaan Artis dan Pengusaha Kaya Raya

Di luar dugaan, perempuan pucat Amerika yang sedang diaudisi menjawab dalam bahasa Italia, kurang lebih, "Mi dispiace di non essere abbastanza bella". I am sorry that I am not beautiful enough.

Produser, yang hanya melihat permukaan, tidak pernah membayangkan bahwa perempuan di depannya adalah lulusan Yale yang sangat brillian. Akhirnya Merryl memang tidak mendapatkan peran tersebut, yang jatuh ke tangan Jessica Lange.

Namun demikian bagi Merryl, ucapan yang merendahkan atau meremehkan tersebut justru menjadi tonggak dari transformasi diri dan karirnya. Dia tidak meluangkan waktu untuk take it personally dan sakit hati. Dia bersikukuh bahwa pendapat pendapat produser tersebut hanya satu dari sekian ribu pendapat.

Baca Juga: Laura Dern, Artis Hollywood yang Juga Aktivis Lingkungan, HAM dan Hak-hak Perempuan

Sepanjang karirnya kemudian Streep telah memenangkan tiga Academy Awards, dua BAFTA Awards, 9 Golden Globe Awards, tiga Emmy Awards, dan dua Screen Actors Guild Awards serta nominasi untuk 7 Grammy Awards dan Tony Award.

Apa yang bisa kita serap?

Pertama, dalam hidup kita, pastilah kita selalu menemukan ada sebagian orang yang meremehkan atau tidak melihat potensi kita.

Baca Juga: Artis Serba Bisa Korea Selatan, Cha Eun-woo Ingin Belajar Berenang, Makan Sate, Hingga Liburan ke Bali

Mungkin kita pernah gagal untuk melamar sebuah posisi yang kita inginkan dan memperoleh penolakan yang tidak menyenangkan. Atau gagal mendapatkan jurusan atau universitas yang kita idamkan. Atau ditolak seseorang.

Pasti adalah mengalami semacam itu. Tapi yakinlah bahwa, bila kita konsisten berusaha, saat yang baik akan datang.

Kedua, bila kita sedang dalam posisi di atas atau mempunyai kekuasaan, jangan jumawa dan sewenang-wenang. Orang yang kita kecilkan atau remehkan barangkali kelak akan jauh melampaui kita pencapaiannya.

Baca Juga: Pengalaman Eva Mendes Jalani Adegan Cium dengan Johnny Depp di Film Once Upon a Time in Mexico

(FB Agus Budiyono) ***

Sumber: Facebook@AgusBudiyono

Berita Terkait