DECEMBER 9, 2022
Kesehatan

Kalbe Luncurkan Obat Terapi Anemia Bagi Pasien Dengan Penyakit Ginjal Kronik, Bisa Stabilkan Kadar Hemoglobin

image
Arsip Foto - Pasien dengan penyakit ginjal kronik menggunakan layanan hemodialisis di RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

ORBITINDONESIA.COM - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui PT Kalbe Genexine Biologics (KGbio) dan PT Finusolprima Farma Internasional (FIMA) telah meluncurkan obat untuk terapi anemia bagi pasien dengan penyakit ginjal kronik.??????

"Peluncuran Efepoetin Alfa merupakan bagian dari komitmen Kalbe dalam memperluas akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi pasien penyakit ginjal kronik yang mengalami komplikasi anemia," kata Direktur KGbio Yuniar Linda, sebagaimana dikutip dalam siaran pers di Jakarta, Senin, 29 April 2024.

Kalbe dan anak usahanya mendapat izin edar obat Efepoetin Alfa dari Badan Pengawas Obat dan Makanan pada Oktober 2023. "Kami bangga, sebab Efepoetin Alfa merupakan obat anemia pertama yang diriset dan diproduksi di Indonesia," kata Yuniar.

Baca Juga: Mengonsumsi Kubis Bagus untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal berperan dalam produksi hormon erythropoietin (EPO) dan berfungsi merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah guna menjaga kesehatan tubuh.

Pada pasien dengan penyakit ginjal kronik, ginjal tidak dapat memproduksi EPO dalam jumlah yang cukup sehingga produksi sel darah merah pasien dapat berkurang hingga mengakibatkan anemia.

Anemia merupakan komplikasi yang sering terjadi pada tahap menengah dan lanjut bagi penderita penyakit ginjal kronik. 

Baca Juga: Hari Ginjal Sedunia 2024, KPCDI Tuntut Optimalisasi Layanan Dialisis di Indonesia

Kondisi pasien juga dapat memburuk seiring dengan penurunan fungsi ginjal hingga mencapai gagal ginjal.

Efepoetin Alfa merupakan obat anemia jenis long-acting erythropoiesis-stimulating agent (ESA) yang diklaim efektif untuk terapi pengobatan anemia bagi pasien berpenyakit ginjal.

"Berdasarkan uji klinis fase 3, Efepoetin Alfa terbukti efektif, aman, dan dapat menjadi alternatif pengobatan anemia bagi pasien predialisis," kata Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) Dr. dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH.

Baca Juga: Dokter Surya Ulhaq: Penderita Ginjal Disarankan Konsultasi Sebelum Minum Obat Antimabuk Ketika Mudik

Menurut dia, penggunaan awal Efepoetin Alfa pada pasien predialisis dapat memperlambat progresi penyakit ginjal kronik menuju hemodialisis.

"Dari perspektif pasien, penggunaan ESA long-acting lebih nyaman karena penyuntikannya cukup 1-2 kali sebulan," katanya.

Pengujian keamanan dan efikasi Efepoetin Alfa telah dilakukan di Indonesia, Australia, Taiwan, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan dengan melibatkan 391 pasien dengan penyakit ginjal kronik predialisis.

Baca Juga: KPCDI Kecam Kelangkaan Obat Pasien BPJS Kesehatan Pasca-Transplantasi Ginjal di RSCM

Menurut perusahaan, hasil pengujian menunjukkan bahwa Efepoetin Alfa efektif memperbaiki, mempertahankan, dan menstabilkan kadar hemoglobin. ***
 

Sumber: Antara

Berita Terkait