DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Kiper Maarten Paes Resmi Jadi WNI: Bakal Perkuat Tim Nasional Indonesia

image
Maarten Paes disumpah menjadi WNI. (dokumen Kemenkumham)

ORBITINDONESIA.COM – Kiper Maarten Paes (25 tahun) sudah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai menajalani pengambilan sumpah hari ini Selasa 30 April 2024 di Jakarta.

Kabar pengambilan sumpah Maarten Paes itu diunggah  oleh situs Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia Jakarta.

Ada foto Paes yang sedang mengambil sumpah dan menandatangani dokumen untuk mendapat status WNI.

Dari situs Kemenkumham itu, PSSI diwakili oleh Direktur Media, Eko Rahmawanto.

"Berikan yang trbaik kepada bangsa dan negara," kata unggahan akun @kanwilkumhamdki dengan menyertakan beberapa foto pengambilan sumpah.

Naturalisasi Paes memakan proses panjang. Dia terganjal aturan FIFA tentang pemain yang boleh dinaturalisasi adalah yang belum pernah bermain untuk negara lain di usia di atas 21 tahun.

PSSI dikabarkan melakukan gugatan ke CAS, pengadilan arbritase olahraga, pada Maret 2024.

Dengan mendapat status WNI, Paes berpeluang besar untuk memperkuat Indonesia di sisa pertandingan kualifikasi piala dunia 2026.

Tim nasional Indonesia akan melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan melawan Filipina lima hari kemudian. Semua pertandingan ini digelar di Indonesia.

Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Ia sekarang meniti karier di salah satu klub di Amerika Serikat, FC Dallas.

Kiprahnya sebagai kiper sudah dia jalani sejak bergabung akademi VV Union yang kemudian bergabung ke NEC Nijmegen pada 2012.

Bersama Nijmegen, Paes menembus ke tim U-17 dan U-19. Pada 2018, Paes masuk tim senior pada usia 18 tahun.

Di level internasional, Paes pernah membela tim nasional Belanda U19 di Euro U19 2016 dan 2017.

Ia kemudian sempat berseragam kelompok umur U-20 dan U-21 untuk negara asalnya.

Paes memiliki darah Indonesia dari neneknya yang lahir di kota Pare, Kediri, Jawa Timur.

"Maarten Vincent Paes memiliki garis keturunan dari nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940," ujar Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI, Cahyo Rahadian Muzhar, dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Kamis 7 Maret 2024.

Paes adalah pemain naturalisasi rekomendasi Shin Tae Yong.

Ia tadinya direncanakan menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada awal Maret 2024. ***

Sumber: detik.com, cnnindonesia.com

Berita Terkait