DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Ketua DPR RI Puan Maharani Ingatkan tentang Perlindungan Hingga Kesetaraan Buruh Perempuan Pada May Day 2024

image
Arsip - Ketua DPR RI Puan Maharani saat membacakan pidato penutupan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024 pada Rapat Paripurna DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis, 1 April 2024. ANTARA/Melalusa Susthira K.

ORBITINDONESIA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pentingnya perlindungan dan kesetaraan bagi buruh perempuan di tempat kerja pada momentum Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, yang diperingati setiap tanggal 1 Mei.

“Perlindungan terhadap hak-hak perempuan harus diatur secara rigid dalam perjanjian kerja dan peraturan perusahaan. Penting juga adanya kesetaraan dalam upah kerja dan peluang peningkatan karir yang sama bagi pekerja perempuan,” kata Puan Maharani dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, 1 Mei 2024.

Sebab, kata Puan Maharani, masih kerap terjadi kesenjangan gender di lingkungan kerja, termasuk maraknya kekerasan seksual, yang menimpa buruh atau pekerja perempuan.

Baca Juga: Puan Maharani Tawari Gibran Rakabuming Bergabung ke Tim Pemenangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Puan menegaskan, DPR terus berupaya memperjuangkan perlindungan bagi pekerja perempuan, salah satunya melalui Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) yang turut memperhatikan aspek jaminan bagi pekerja perempuan setelah menjadi ibu.

“Dengan RUU KIA yang sedang kami perjuangkan, pekerja perempuan yang hamil dan masih menyusui juga harus mendapat perlindungan dari perusahaan, seperti penyediaan ruang bagi ibu hamil dan ruang laktasi,” tuturnya.

Dia juga mengingatkan pentingnya pemberi kerja memperhatikan ketentuan cuti haid sebagaimana diatur dalam UU Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Puan Maharani Bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Bahas Toleransi dan Perdamaian Dunia

Pemberian cuti haid bagi pekerja perempuan kerap kali terabaikan, kata Puan, padahal hal ini menjadi salah satu perlindungan yang harus diberikan perusahaan untuk pekerja perempuan, termasuk pemberian cuti bagi perempuan yang hendak melahirkan hingga mengalami keguguran.

“Dan pemberian cuti panjang pun bukan hanya untuk pekerja perempuan yang melahirkan saja, tapi berlaku juga bagi pekerja perempuan yang mengalami keguguran kandungan,” kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu pun lantas mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional kepada seluruh buruh di Tanah Air yang telah ikut berkontribusi dalam membangun bangsa.

Baca Juga: Ketua DPR RI Puan Maharani Kecam Kekerasan Zionis Israel ke Gaza, Saat Pidato di Sidang IPU Jenewa, Swiss

“Untuk semua buruh atau pekerja Indonesia, selamat memperingati Hari Buruh Internasional. Dedikasi para buruh dalam membangun negeri ini sangatlah besar. Anda semua sangat berjasa dalam membangun bangsa,” ujar Puan. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait