DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

Tiktoker Ali Azhar: Hati-hati Percayakan Masalah Keuangan Pada Orang Lain, Itu Sensitif Sekali

image
Tiktoker Ali Azhar D saat berada di Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA/HO-Ali Azhar)

ORBITINDONESIA.COM - Konten kreator di Aplikasi TikTok (Tiktoker) Ali Azhar meminta masyarakat untuk berhati-hati saat mempercayakan masalah keuangan pada orang lain, karena dapat berpotensi menyebabkan permasalahan yang cukup kompleks bagi keluarga.

"Jangan terlalu percaya terhadap siapapun apalagi menyangkut tentang keuangan atau finance, itu hal yang sangat sensitif sekali, jadi kalian harus berhati-hati,” kata Ali Azhar dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, 4 Mei 2024.

Menanggapi kasus penggelapan dana yang dialami keluarganya, Ali Azhar menuturkan, penggelapan dana dapat terjadi akibat kepercayaan seseorang disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga: Semuel Abrijani Pangerapan: Data Masyarakat Indonesia di Dunia Maya Dilindungi Hukum yang Kuat, Aman Pakai TikTok

Meskipun pemerintah melalui Pasal 372 KUHP menyatakan bahwa pelaku penggelapan dapat dihukum penjara maksimal empat tahun atau denda maksimal Rp900 ribu, permasalahan ini masih marak terjadi, tidak hanya di lingkungan keluarga, tetapi dimanapun dan kapanpun.

"Bayangkan, uang Rp50 juta yang seharusnya bisa balik modal hingga sekian, sekian, sekian ternyata malah buntung Rp22 juta," ujarnya.

Sementara terkait dengan kasus yang menimpa keluarganya, Ali mengaku kecewa karena penggelapan itu telah menyebabkan keluarganya harus kehilangan bisnis, yang sudah dibangun sejak lama.

Baca Juga: Dewan Sekolah di Kanada Gugat Facebook, Instagram, SnapChat, TikTok Karena Ganggu Belajar Siswa

Bisnis keluarga yang berpusat di Surabaya itu, semula mencoba memperluas jangkauannya dengan membuka cabang di Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur. Namun bukan keuntungan yang didapat, melainkan kerugian yang cukup besar.

"Setelah di audit sebelum lebaran kemarin, dengan modal awal Rp50 juta dan harusnya balik modal sekian-sekian, sekian malah rugi sekitar Rp22 juta," kata dia.

Meski merugi, Ali mengaku keluarga tidak menyeret pelaku penggelapan ke pihak kepolisian. Sebaliknya, ayahnya memilih untuk menjadikan kerugian tersebut sebagai utang yang harus dibayar oleh pelaku.

Baca Juga: Kreator Affiliate Wenny, Ibu Rumah Tangga yang Membangun Karier dari Rumah Berkat Platfom Media Sosial TikTok

"Dari sini ayahku terus terang dong kepada si pelaku, untungnya pelaku ini enggak diseret ke pihak kepolisian. Ayahku menjadikan kasus ini jadi utang dan itu harus wajib di bayar, kalau enggak di bayar tuntutannya di akhirat kelak," ucap Ali. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait