DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

AS Menuding, Rusia Akan Membeli Roket dan Peluru Artileri dari Korea Utara Untuk Perang di Ukraina

image
Hubungan erat antara Rusia dan Korea Utara dimulai pada tahun 1948, Rusia mendukung Korea Utara selama Perang Korea.

 

ORBITINDONESIA - Kementerian Pertahanan Rusia sedang dalam proses pembelian roket dan peluru artileri dari Korea Utara, untuk pertempuran yang sedang berlangsung di Ukraina. Demikian menurut temuan intelijen AS yang baru disiarkan.

Seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas temuan intelijen, mengatakan Senin, 5 September 2022, fakta Rusia beralih ke negara terisolasi Korea Utara menunjukkan bahwa “militer Rusia terus menderita kekurangan pasokan parah di Ukraina, sebagian karena sanksi dan kontrol ekspor.”

Baca Juga: PM Banglades Sheikh Hasina Minta Organisasi Pengungsi IOM Cari Sumber Dana Baru untuk Warga Rohingya

Pejabat intelijen AS percaya bahwa Rusia dapat membeli peralatan militer tambahan Korea Utara di masa depan. Temuan intelijen itu pertama kali dilaporkan oleh The New York Times.

Baca Juga: Humor – Telepon Emas di Gereja untuk Menelepon Langsung ke Surga Dengan Biaya 10 Ribu Dollar AS

Pejabat AS itu tidak merinci berapa banyak persenjataan yang ingin dibeli Rusia dari Korea Utara.

Baca Juga: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Ajak Semua Elemen Bangsa Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Temuan itu muncul setelah pemerintahan Biden baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa militer Rusia pada Agustus 2022 menerima pengiriman drone buatan Iran, untuk digunakan di medan perang di Ukraina.

Gedung Putih mengatakan pekan lalu, Rusia menghadapi masalah teknis dengan drone buatan Iran, yang diperoleh dari Teheran pada Agustus, untuk digunakan dalam perangnya dengan Ukraina.

Rusia menerima jajaran wahana udara tak berawak Mohajer-6 dan Shahed selama beberapa hari bulan lalu.

Baca Juga: Kuasa Hukum Irman Gusman Optimistis, Mahkamah Konstitusi Kabulkan Permohonan Pemungutan Suara Ulang

Baca Juga: Mom, Tidak Usah Repot Jemur Ini Cara Efektif Hilangin Bau Apek yang Nempel di Kasur

Ini merupakan bagian dari apa yang dikatakan pemerintahan Biden mungkin merupakan bagian dari rencana Rusia, untuk memperoleh ratusan UAV Iran untuk digunakan di Ukraina.

Korea Utara telah berusaha untuk mempererat hubungan dengan Rusia, karena sebagian besar Eropa dan Barat telah menarik diri.

Baca Juga: Anggota DPR RI Kamrussamad: Stabilitas Politik Usai Pemilu 2024 Membuat Ekonomi Nasional Lebih Baik

Korea Utara menyalahkan Amerika Serikat atas krisis Ukraina, dan mengecam “kebijakan hegemonik” Barat sebagai pembenaran tindakan militer oleh Rusia di Ukraina untuk melindungi dirinya sendiri.

Korea Utara telah mengisyaratkan minat untuk mengirim pekerja konstruksi, untuk membantu membangun kembali wilayah yang diduduki Rusia di timur negara itu.

Baca Juga: Pakai Cara Ini Biar Bensin Kendaraan Tetap Hemat, Saat Harga BBM Naik

Baca Juga: Pakar Politik UI Cecep Hidayat: Jika Ditunjuk Jadi Menteri, Eko Patrio Harus Bisa Menerjemahkan Visi Presiden

Duta Besar Korea Utara untuk Moskow baru-baru ini bertemu dengan utusan dari dua wilayah separatis yang didukung Rusia di wilayah Donbas Ukraina.

Ia menyatakan optimisme tentang kerja sama di “bidang migrasi tenaga kerja,” mengutip pelonggaran kontrol perbatasan pandemi di negaranya.

Pada Juli, Korea Utara menjadi satu-satunya negara selain Rusia dan Suriah yang mengakui kemerdekaan wilayah, Donetsk dan Luhansk, yang selanjutnya bersekutu dengan Rusia atas konflik di Ukraina.

Baca Juga: Kemenag Nusa Tenggara Barat Terapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bagi Calon Haji yang Mau Berangkat

Ekspor senjata Korea Utara ke Rusia akan menjadi pelanggaran terhadap resolusi PBB, yang melarang negara itu mengekspor atau mengimpor senjata dari negara lain.

Baca Juga: Kemenag Luncurkan Ustadzkita untuk Mudahkan Mencari Dai atau Ustadz yang Berikan Ceramah Kebaikan

Kemungkinan pengiriman pekerja ke wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina juga akan melanggar resolusi PBB, yang mengharuskan semua negara anggota untuk memulangkan semua pekerja Korea Utara dari tanah mereka pada 2019.

Baca Juga: Dubes Iwan Bogananta Dampingi Komisi I DPR RI Kunjungi Pabrik Rendang Bella di Bulgaria

Ada kecurigaan bahwa China dan Rusia belum sepenuhnya menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara. Ini memperumit upaya pimpinan AS untuk mencabut senjata nuklirnya dari Korea Utara.

Langkah provokatif oleh Korea Utara datang ketika pemerintahan Biden menjadi semakin khawatir tentang peningkatan aktivitas Korea Utara dalam mengejar senjata nuklir.***

Berita Terkait