DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Imam Shamsi Ali: Memaknai keberkahan Ramadan dan Keistimewaan Al Quran

image
Imam Shamsi Ali tentang Al Quran dan Ramadan.

ORBITINDONESIA.COM - Al Quran yang diturunkan secara menyeluruh (jumlatan wahidatan) di malam yang Istimewa itu, pada dirinya sangat Istimewa. Keistimewaan Al-Quran itu ada pada segala aspeknya. Tidak ada yang terkait Al Quran kecuali menjadi Istimewa.

Bulan dan malam diturunkannya menjadi Istimewa. Itulah Ramadan dan laelatul Qadar. Rasul yang menerimanya menjadi “sayyid al-ambiya wal mursaliin” (penghulu para nabi dan rasul). Umat yang padanya ditujukan Al Quran menjadi “khaer ummah” (umat terbaik).

Al Quran sendiri menjadi Kitab Suci yang Istimewa karena dipilih menjadi Kitab suci yang mengandung segala kandungan kitab-kitab suci lainnya.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Bioskop Trans TV: Before I Fall, Dimana Kesalahan yang Ditebus harus Diperbaiki Lewan Mesin Waktu

Artinya apa yang ada di Taurat, Injil, Zabur, maupun Shuhuf Ibraim, semuanya terwakilkan dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Dan Al-Qur’an diturunkan untuk seluruh manusia di seluruh tempat dan waktu.

Jika Kitab Taurat yang diturunkan kepada Musa AS dan Kitab Zabur yang diturunkan kepada Daud AS disebut Perjanjian Lama (Old Testament) dan Injil yang diturunkan kepada Isa SA disebut Perjanjian Baru (New Testament).

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Maka Al-Qur’an dapat disebut sebagai “Perjanjian Final” (Final Testament) yang diturunkan untuk umat manusia.

Secara sederhana Al-Qur’an didefenisikan sebagai “Kalam Allah yang bersifat Mu’jizat, yang diturunkan kepada Muhammad, dan membacanya bernilai ibadah”.

Baca Juga: Sambut KTT ASEAN Ke-42, Fasilitas Penunjang di Kawasan Labuan Bajo Ditingkatkan

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Defenisi ini mengandung empat poin utama:

Satu, bahwa Al-Qur’an itu adalah Kalam Allah. Sehingga Kalam yang lain dengan sendirinya tersisihkan (excluded). Bahkan kalam (Kata-kata) Muhammad SAW juga tidak menjadi bagian dari Al-Qur’an.

Kedua, bahwa Al-Qur’an itu adalah mu’jizat terpenting dan terutama Rasulillah SAW. Mu’jizat yang bersifat abadi dan hadir pada masa-masa yang menantang. Di saat bahasa manusia menjadi keangkuhannya Al-Qur’an hadir menantang dengan bahasa yang mengalahkan (mu’jiz).

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Ketika keilmuan manusia menjadi keangkuhan, Al-Qur’an hadir menantang dengan fakta-fakta keilmuan yang mengalahkan (mu’jiz). Demikian seterusnya.

Baca Juga: Bekas Wakil Rektor Heryandi dan Ketua Senat M Basri Unila Dituntut 5 Tahun Penjara

Ketiga, bahwa Al-Qur’an itu diturunkan kepada Muhammad SAW. Dengan demikian semua pengakuan akan adanya wahyu yang diturunkan kepada selain Muhammad batal dengan sendirinya. Termasuk pengakuan kaum syiah tentang 1/3 wahyu yang diturunkan kepada Ali (Karramallahu wajhah).

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Keempat, bahwa membaca Al-Qur’an itu berbeda dari membaca buku-buku atau kitab lainnya. Hanya Al-Qur’an yang ketika membacanya bernilai ibadah. Bahkan setiap huruf bernilai 10 pahala seperti yang disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW.

Jika kita mengkaji makna-makna kemu’jizatan Al-Qur’an maka pembahasannya tidak akan habis. Saya hanya ingin menyampaikan sekali lagi bahwa kemu’jizatan Al-Qur’an yang terpenting Al-Quran ada pada “al-i’jaaz ar-ruuhi” atau kemu’jizatan ruhiyah.

Yaitu sebuah kekuatan batin yang membawa perombakan dahsyat dalam kehidupan manusia. Baik pada tataran individu maupun jama’ah (publik).

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Baca Juga: SINOPSIS dan LINK NONTON Drakor The Good Bad Mother Episode 2 Sub Indonesia, Kang Ho Bekerja dengan Pembunuh

Al-Qur’anlah yang mengubah Umar Ibnu Khattab dari kejahilan yang dalam menjadi seorang Umar Al-Faaruuq.

Al-Qur’an pula yang merubah Bilal Ibnu Rabah dari seseorang dengan mentalitas yang hina menjadi seseorang dengan mentalitas yang penuh izzah (kemuliaan). Pada tataran kolektif Al-Qur’anlah yang merubah Jazirah Arab dari kegelapan ke cahaya yang terang benderang (minaz zulumat ilan nuur).

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Pengalaman Dakwah di Amerika membuka mata betapa dahsyatnya Al-Quran merubah manusia. Dari seseorang yang marah dan benci menjadi seseorang yang simpati bahkan menerima, mencintai dan membela kebenaran.

Satu contoh yang pernah saya sampaikan adalah seseorang yang saya temui 4 hari Pasca Peristiwa 9/11. Hari itu adalah hari Jumat.

Baca Juga: Hmmm, Bekas Rektor Unila Karomani Dituntut 12 Tahun Penjara

Baca Juga: Peringati Hari Bela Negara, Ibnu Chuldun: Bersatu dan Berkontribusi untuk Indonesia Maju

Di pagi hari saya bersama beberapa tokoh agama New York diminta mendampingi Presiden Bush mengunjungi Ground Zero. Lalu di sore hari ada “memorial service” atau mendoakan mereka yang ditimpa musibah dengan serangan itu.

Singkatnya Setelah saya berdoa saya di datangi oleh seorang pria berkulit putih dan mengenalkan diri sebagai Muslim. Awalnya saya tidak Percaya. Bahkan curiga jangan-jangan dia mata-mata atau FBI.

Setelah acara selesai saya dekati dan bertanya: “Kapan anda masuk Islam?”. Saya terkejut dengan jawabannya: “baru hari kemarin”.

Baca Juga: Permohonan Layanan Melonjak, Sandi Andaryadi: Imigrasi DKI Jakarta Harus Bekerja Prima

Saya terkejut karena hari-hari itu orang-orang Amerika marah, curiga dan membenci Islam. Kok bisa masuk Islam?

Baca Juga: Webinar Satupena, Satrio Arismunandar: Latihan Tai Chi Memberi Manfaat Secara Mental dan Emosional

Jawabannya adalah karena Al-Qur’an. Menurutnya pada hari kejadian 9/11 dia menonton salah satu kanal TV Amerika. Dan salah seorang penyiar (anchor) TV itu menyebut pelaku teror itu terinspirasi oleh Al-Qur’an.

Baca Juga: Denny JA: Puisi Esai Waktunya Masuk Kampus dan Sekolah

Maka dia pergi mencari toko di mana dia dapat membeli Al-quran. Dia ternyata membelinya di sebuah toko buku di Masjid 96st street.

Dia membeli dan membaca Al-Qur’an bukan untuk mengetahui isinya. Tapi untuk mencari pembenaran jika memang Al-Qur’an itu adalah Inspirasi terror. Menurutnya lagi, dia baca Al-Qur’an itu dua hari dua malam untuk menemukan Inspirasi teror itu.

Tapi menurutnya lagi: “the more I tried to find that terror inspiration, the more I feel attracted to read it. And the more I read it the more I found the opposite of the terror” (semakin saya baca Al-Qur’an semakin saya jatuh hati. Dan semakin saya baca semakin saya tidak menemukan Inspirasi teror, tapi sebaliknya/kedamaian).

Baca Juga: Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun Resmikan Laboratorium Peradilan Pidana Universitas Yarsi

Baca Juga: Militer Australia Batal Beli Howitzer, dan Sebagai Gantinya Akan Beli HIMARS

Ini hanya satu contoh kongkrit betapa Al-Qur’an itu memiliki kekuatan atau atraksi yang dahsyat untuk merubah hati/jiwa manusia. Teman kita ini yang bernama “Mark” saat ini seringkali ikut Dakwah Street di New York, membagi Al-Qur’an yang dia sebut sebagai “the healing power” (penyembuhan yang dahsyat).

Keberkahan Ramadan menjadi spesial dengan diturunkannya Al-Qur’an di bulan ini. “Bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an untuk menjadi petunjuk bagi manusia dan penjelas bagi petunjuk itu dan sebagai pembeda (antara hak dan batil).

Baca Juga: Pembunuh Petugas Imigrasi Tri Fattah Firdaus Jadi Tersangka, Sandi Andaryadi: Kami Apresiasi Polda Metro Jaya

Semoga kita mendapat keberkahan ini dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan acuan dalam menjalani sisa-sisa kehidupan kita. Amin!

Manhattan City, 27 April 2023

*Imam Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation ***

Berita Terkait