DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Contoh Teks Pidato yang dibaca pada Hari Santri 2023, Pesan Kepada Pelajar di Pesantren Indonesia

image
Contoh teks pidato Hari Santri 2023 kepada pelajar pesantren.

ORBITINDONESIA.COM – Salah satu perayaan di Indonesia akan segera tiba pada Minggu, 22 Oktober 2023 tentang Hari Santri 2023 yang akan dirayakan oleh para pelajar pesantren.

Salah satu bentuk perayaan di Hari Santri 2023 adalah dengan membacakan dan menyampaikan pidato di depan pelajar pesantren.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

DI bawah ini adalah contoh teks pidato yang bisa dibaca pada Hari Santri 2023 di depan pelajar pesantren tentang pentingnya dan mengutamakan akhlak.

Baca Juga: Wow, Ternyata Ini 5 Negara Penyumbang Terbesar untuk Palestina, Indonesia Nomor Berapa?

Salah satu figur ulama besar dan penting di Indonesia dan pencetus Hari Santri 2023 yang dirayakan setiap tahun adalah K.H Hasyim Asy’Ari.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

K.H Hasyim Asy’Ari adalah sosok ulama sekaligus pendiri utama organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia sekaligus dunia, Nahdlatul Ulama.

Hidup di masa penjajahan membuat K.H Hasyim Asy’Ari ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Borneo FC vs Persib Bandung: Prediksi Skor, Head to Head, Susunan Pemain dan Link Nonton Streaming BRI Liga 1

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Anak K.H Hasyim Asy’Ari, Abdul Wahid Hasyim ikut merumuskan sila pertama Pancasila yang akhirnya menjadi dasar negara Indonesia sehingga bisa merdeka dari penjajah.

Keberadaan Nahdlatul Ulama atau yang saat ini akrab disapa NU menjadi penyebar agama Islam terbesar di Indonesia.

Presiden Joko Widodo meresmikan Hari Santri 2023 pada 15 Oktober 2015 silam salah satunya untuk menghormati sosok K.H Hasyim Asy’Ari.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Hasil Pekan ke 16 BRI Liga 1, PSIS Semarang Menang Comeback atas Persikabo 1973

Pada Hari Santri 2023, terdapat beberapa contoh teks pidato yang bisa dibacakan di depan pelajar Pesantren di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu pesan pidato yang bisa disampaikan pada Hari Santri 2023 adalah tentang pentingnya akhlak yang harus dimiliki para pelajar di Pesantren.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Berikut ini adalah contoh teks pidato yang bisa dibaca pada Hari Santri 2023 di depan pelajar Pesantren di Indonesia:

Baca Juga: Dukung Penerapan Ekonomi Karbon, BRI Fokus Terapkan Langkah Ini!

Bismillah, Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

"Alhamdulillah. Alhamdulillahilladzi kholaqol mauta wal hayata liyabluwakum ayyukum ahsanu amala. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah".

"Allahumma shalli ala Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad".

Puji syukur kehadirat Allah subhanahu wata'ala, yang sudah memberikan segala kenikmatan kepada kita, lebih-lebih nikmat kesehatan dan nikmat iman dan Islam, sehingga sampai sekarang ini kita bisa menghadiri acara peringatan Hari Santri Nasional dalam keadaan sehat walafiat.

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Bali United Sukses Taklukkan Persebaya Surabaya, Privat Mbarga Cetak Brace

Selawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad saw. yang kita harapkan syafaatnya di Hari Akhir, amin amin ya robbal alamin.

Hadirin yang saya hormati,

Baca Juga: Peringati Hari Bela Negara, Ibnu Chuldun: Bersatu dan Berkontribusi untuk Indonesia Maju

Hari Santri Nasional diperingati pada 22 Oktober sejak tahun 2015. Tahun ini kita kembali memperingati hari spesial di kalangan umat Islam, khususnya para santri.

Perlu diketahui, santri adalah sebutan bagi seseorang yang mencari ilmu, khususnya ilmu agama yang menginap di pondok pesantren. Para santri memiliki sorotan dari masyarakat khususnya perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Tentara dan Polisi Tangkapi Mahasiswa yang Ingin Demo Politik Dinasti

Baca Juga: Permohonan Layanan Melonjak, Sandi Andaryadi: Imigrasi DKI Jakarta Harus Bekerja Prima

Khususnya perilaku dan adab sopan santun para santri karena para santri ini dianggap mendapatkan perhatian khusus dalam rangka penanaman moral dan etika tingkah laku di pondok pesantren oleh para ustaz dan kiai.

Dalam rangka memperingati peringatan Hari Santri Nasional ini, para santri harus mengingat bahwa label santri yang sudah kita punya ini harus selalu kita tunjukkan kepada masyarakat. Bahwa santri itu memiliki akhlak yang bagus.

Pada zaman sekarang ini, kita melihat sendiri bahwa godaan dari berbagai penjuru sangat berbahaya dan banyak, mulai pakaian, makanan, dan hiburan yang semua semata-mata akan menyerang dan merusak akhlak para generasi muda.

Baca Juga: Denny JA: Puisi Esai Waktunya Masuk Kampus dan Sekolah

Baca Juga: Update Konflik Israel Palestina: Rishi Sunak Lakukan Pembicaraan dengan Arab Saudi Setelah Kunjungi Yerusalem

Hadirin yang berbahagia,

Perlu kita ketahui, kita sebagai generasi muda harus bisa menjaga dan menanamkan akhlak mulia di kehidupan sehari-hari, seperti contoh akhlak dari Nabi Muhammad saw. Akhlaknya merupakan akhlakul karimah yang perlu kita contoh, hal ini sesuai dengan Kalam Allah dalam surah Al Qalam ayat 4.

Baca Juga: Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun Resmikan Laboratorium Peradilan Pidana Universitas Yarsi

"Sesungguhnya engkau (hai Muhammad) memiliki akhlak yang sangat agung."

Maka itu, kita sebagai umat Nabi Muhammad saw. harus mengidolakan dengan cara meniru dan meneladani apa yang diajarkan dan disampaikan beliau.

Baca Juga: Resmi, Jakarta Kini Berlakukan Tarif Parkir Tertinggi untuk Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi, Catat 67 Lokasinya!

Baca Juga: Pembunuh Petugas Imigrasi Tri Fattah Firdaus Jadi Tersangka, Sandi Andaryadi: Kami Apresiasi Polda Metro Jaya

Semoga dengan adanya peringatan Hari Santri Nasional 2023 ini kita semua bisa meningkatkan akhlak kita sesuai akhlak Nabi Muhammad saw.

Demikianlah sedikit pidato yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Akhiru kalam, Wassalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh.

Itulah contoh teks pidato yang bisa dibaca pada Hari Santri 2023 pada 22 Oktober 2023 mendatang tentang pentingnya akhlak yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.***

Berita Terkait