DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Mengapa Kumpul-kumpul Itu Besar Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

image
Ilustrasi kumpul-kumpul memberi kesehatan dan kebahagiaan (Foto: koleksi pribadi)

ORBITINDONESIA.COM - Berbahagialah Anda yang memiliki banyak teman dan sahabat. Beberapa  penelitian terbaru membuktikan bahwa menikmati kehidupan sosial yang aktif dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Para ilmuwan percaya bahwa menghabiskan sebahagian waktu dengan teman/sahabat akan membuat hidup lebih sehat secara mental dan fisik 

Berikut adalah 5 alasan ilmiah yang menunjukkan pengaruh kumpul-kumpul bersama teman/sahabat pada tingkat kesehatan seseorang:

Baca Juga: Meniti Langkah Transformasi Digital Kesehatan Indonesia

Mengurangi resiko demensia

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Neuropsikologi Society, memiliki kehidupan sosial yang sangat aktif dgn teman/sahabat/ keluarga atau masyarakat dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer yang cukup besar sekitar 70 persen,

Membuat Anda tetap fit

Baca Juga: Dokter Luciana Sutanto: Sebaiknya Cek Kesehatan Setelah Libur Panjang Akhir Tahun

Penelitian terbaru dari Australia yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition dan aktivitas fisik menemukan  bahwa punya banyak teman/ sahabat memiliki pengaruh langsung pada tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan makan.

Mempertajam Otak Anda

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Michigan, USA, nahwa  komunikasi yang terjalin dengan baik dengan teman/sahabat melalui medsos akan mendorong fungsi kognitif Anda. Sama seperti otak Anda yang dilatih memecahkan persoalan dalam puzzle.

Baca Juga: Ganjar Live TikTok, Tanya Kesehatan Mental Kepada Anak Muda

Meningkatkan kesehatan jauh lebih baik

Penelitian terbaru dari Brandeis University menemukan bahwa jaringan sosial yang kuat, terutama bila dikombinasikan dengan latihan fisik, dapat menunda penurunan kesehatan hingga sepuluh tahun. Memiliki hubungan yang baik dan positif dapat menunda proses penuaan. 

Hidup lebih lama

Baca Juga: Harus Waspada, Jerawat dan Bercak Merah Melebar Gara-gara Terpapar Produk Kesehatan Ilegal

Penelitian  terbaru oleh para ilmuwan dari Universitas Brigham Young: Hubungan emosional yang kuat dengan teman/sahabat dan keluarga dapat meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup hingga sekitar 50 persen.

Berjiwa awet muda 

Banyak  bersosialisasi dengan teman sahabat ('keep relationship)' membuat kita tetap punya jiwa muda atau semangat muda walaupun umur terus bertambah.***

Sumber: Medsos WhatsApp

Berita Terkait