DECEMBER 9, 2022
Internasional

Raja Charles Terdiagnosis Mengidap Kanker, Para Pemimpin Dunia Doakan Kesembuhan

image
Raja Charles berdiri di samping pohon natal hidup yang merupakan tradisi baru di kerajaan untuk pesan Natal 2023 (ANTARA/X/The Royal Familiy)

ORBITINDONESIA.COM - Para pemimpin dunia mendoakan Raja Charles, setelah sang raja Inggris itu didiagnosis mengidap kanker dan memulai menjalani pengobatan. Raja mundur dari kegiatan publik.

Istana Buckingham mengumumkan kondisi Raja Charles pada Senin, 5 Februari 2024, menyusul intervensi medis sebelumnya untuk benign prostate enlargement (BPE) atau pembesaran prostat jinak.

“Tes diagnostik selanjutnya mengidentifikasi bentuk kanker,” demikian menurut pernyataan istana, tanpa menyebutkan jenis kanker. Pihak istana menegaskan bahwa kanker yang menyerang Raja Charles tersebut bukan berasal dari prostat.

Baca Juga: Sah, Raja Charles III Jadi Raja Inggris dan Persemakmurannya, God Save The King!

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada Selasa, 6 Februari 2024, mengatakan kepada BBC bahwa dirinya "terkejut dan sedih" mendengar kabar tersebut, tetapi sekaligus bersyukur karena kabar itu "dapat diketahui lebih awal". "Semua orang akan mendoakannya (Raja Charles) sembuh total," kata PM Sunak.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mencuit di X: "Menjalani diagnosis kanker, pengobatan dan kemampuan untuk kelangsungan hidup membutuhkan harapan dan keberanian mutlak."

"Jill dan saya bersama warga Inggris berdoa agar Yang Mulia segera pulih sepenuhnya."

Baca Juga: Pangeran Harry Mengatakan, Dia Ingin Ayahnya Raja Charles III dan Kakaknya Pangeran William kembali

Melalui X, Presiden Prancis Emmanuel Macron turut mendoakan agar "Yang Mulia Raja Charles III segera pulih."

“Pikiran kami tertuju pada rakyat Inggris.”

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di X juga menuliskan doa terbaik untuk raja Inggris.

Baca Juga: Raja Charles III Dari Inggris Didiagnosis Menderita Kanker, Akan Mundur dari Tugas Publik

“Saya, dan juga warga Kanada di seluruh negeri serta masyarakat dunia, memikirkan Yang Mulia Raja Charles III saat dia menjalani pengobatan kanker,” kata Trudeau seraya mendoakan “kesembuhan cepat dan menyeluruh.”

Mantan presiden AS Donald Trump turut berkomentar melalui platform Truth Social: "Dia adalah pria yang luar biasa, yang saya kenal baik selama saya menjadi presiden, dan kami semua berdoa supaya dia (Raja Charles III) cepat sembuh sepenuhnya." ***

Sumber: Antara

Berita Terkait