DECEMBER 9, 2022
Internasional

Raja Charles III Dari Inggris Didiagnosis Menderita Kanker, Akan Mundur dari Tugas Publik

image
Raja Charles III dari Inggris (Foto: Premium Time Nigeria)

ORBITINDONESIA.COM - Raja Charles III dari Inggris telah didiagnosis menderita kanker dan akan mundur dari tugas publik sementara ia menjalani perawatan, Istana Buckingham mengumumkan pada Senin, 5 Februari 2024.

Kabar terbaru ini muncul setelah Charles, 75 tahun, datang ke rumah sakit London untuk menjalani prosedur perbaikan pembesaran prostat bulan lalu.

Tes telah dilakukan dan mengungkapkan “suatu bentuk kanker,” kata istana dalam sebuah pernyataan pada hari Senin. Sumber kerajaan mengatakan kepada CNN bahwa bentuk kanker yang terdeteksi pada Charles bukanlah kanker prostat, namun tidak menjelaskan lebih lanjut.

Baca Juga: Raja Charles III Ingin Tiru Cara Ibunya Melayani Rakyat Inggris

“Yang Mulia hari ini memulai jadwal perawatan rutin, dan selama itu beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas yang berhubungan dengan publik,” kata pihak istana.

“Sepanjang periode ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan negara dan dokumen resmi seperti biasa,” tambahnya.

Raja menghabiskan tiga malam di Klinik London, sebuah rumah sakit swasta dekat Regent’s Park, untuk menjalani prosedur baru-baru ini dan sebelumnya dikatakan “baik-baik saja” setelah menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Sah, Raja Charles III Jadi Raja Inggris dan Persemakmurannya, God Save The King!

Dia terlihat untuk pertama kalinya sejak perawatannya pada hari Minggu, tampil dengan semangat yang baik saat dia melambaikan tangan kepada publik dalam perjalanan ke kebaktian gereja Minggu pagi di Sandringham, Norfolk. Istrinya, Ratu Camilla, menemaninya.

Sumber kerajaan menambahkan bahwa Raja kembali dari Sandringham pada Senin pagi untuk memulai perawatan rawat jalan di London.

“Raja berterima kasih kepada tim medisnya atas intervensi cepat mereka, yang dimungkinkan berkat prosedur rumah sakit baru-baru ini,” kata pernyataan Istana Buckingham. “Dia tetap bersikap positif terhadap perlakuan yang diterimanya dan berharap dapat kembali menjalankan tugas publik secepat mungkin.”

Baca Juga: Fakta Proklamasi Pangeran Charles Sebagai Raja Inggris

“Yang Mulia telah memilih untuk membagikan diagnosisnya untuk mencegah spekulasi dan dengan harapan dapat membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terkena dampak kanker,” tutup istana.

Bagaimana kanker itu ditemukan saat Raja sedang dirawat karena pembesaran prostatnya masih belum diketahui.

Analis medis CNN Dr. Jonathan Reiner mengatakan bahwa ketika pasien dirawat di rumah sakit, mereka sering kali menjalani tes, seperti rontgen dada, yang dapat mengungkap masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Resmi Jadi Raja Baru Inggris Raya, Inilah Pernyataan Charles III Setelah Penobatan

“Sepertinya selama evaluasi rutin untuk operasi prostatnya, mereka menemukan ada sesuatu yang salah,” kata Reiner.

Charles menjadi raja setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, pada September 2022.

Pangeran William, pewaris takhta berikutnya, akan kembali menjalankan tugas publik akhir pekan ini, setelah mengambil cuti untuk mendukung istrinya dalam pemulihan setelah operasi perut, Istana Kensington mengumumkan dalam pernyataan pers Senin pagi.

Baca Juga: Pangeran Harry Mengatakan, Dia Ingin Ayahnya Raja Charles III dan Kakaknya Pangeran William kembali

William berhubungan rutin dengan ayahnya, menurut sumber yang dekat dengan Pangeran Wales. ***

Sumber: CNN

Berita Terkait