DECEMBER 9, 2022
Nasional

Yenny Wahid: Pesantren Tebuireng Jombang Netral, Tidak Berpihak Calon Presiden Tertentu

image
Yenny Wahid di Hajatan Rakyat Yogyakarta di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu 28 Januari 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Putri Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh akrab disapa Yenny Wahid menegaskan, pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur tidak mendukung calon presiden dan wakil presiden mana pun di Pilpres 2024.

Ia mengaku telah berkomunikasi langsung dengan Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz akrab disapa Gus Kikin.

"Jadi tidak betul kalau ada yang mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng,” kata Yenny dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 7 Februari 2024 menyikapi keturunan pendiri Psantren Tebuireng yang mendoakan dan mendukungan untuk kemenangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Politikus dan Aktivis Nahdlatul Ulama Yenny Wahid Telah Dipilih Jadi Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional

Yenny mengingatkan apabila ada keluarga Tebuireng yang mendukung calon presiden tertentu, dipastikan itu adalah sikap pribadi.

Dukungan itu, katanya, tidak dapat mengatasnamakan pesantren, termasuk dia yang kini menjabat Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud.

"Saya juga keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng. Saya tidak akan mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng. Sikap ini untuk menjaga marwah dan kehormatan Pondok Pesantren Tebuireng. Jangan dibawa-bawa ke urusan politik praktis," ujarnya.

Baca Juga: Apresiasi Yenny Wahid, Sekjen PDIP Singgung Ancaman Dinasti Politik

Selasa, Pesantren Tebuireng menyatakan doa dan dukungannya untuk kemenangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Dukungan Pesantren Tebuireng tersebut disampaikan langsung oleh keturunan dari KH Hasyim Asy'ari, yang adalah pendiri pesantren tersebut, yakni Gus Irfan Yusuf, Gus Billy Wahid, Gus Yusuf Adnan Kikin, dan Gus Ivan Fahmi dalam acara Maklumat Tebuireng di pesantren tersebut.

"Mengajak semua pihak untuk mendukung Subianto dan Gibran Rakabuming Raka,” kata perwakilan dari Pesantren Tebuireng, Gus Ivan.

Baca Juga: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Sebut Gabungnya Yenny Wahid di TPN Ganjar Mahfud Jadi Penambah Energi Kemenangan

Gus Ivan mengatakan, dukungan itu adalah maklumat. Dia berharap maklumat dukungan itu agar diikuti oleh para santri dan alumni.

Hadir dalam acara itu Ketua Lakpesdam NU nonaktif yang juga Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua TKN Muda Prabowo-Gibran Arief Rosyid Hasan, dan Tsamara Amany.

Hadir pula sesepuh dari Pesantren Tebuireng, Nyai Farida Solahudin Wahid.

Baca Juga: Pesantren Tebuireng Jombang Dukung Prabowo-Gibran

Setelah singgah di ndalem kasepuhan, Erick Thohir ziarah ke makam K.H. Hasyim Asy'ari, Gus Dur, dan tokoh-tokoh Tebuireng lainnya. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait