Olahraga

BATC 2024: Skuad Bulu Tangkis Indonesia Sabtu Ini Bertolak ke Selangor Malaysia untuk Berlaga

image
Skuad bulu tangkis Indonesia putra berfoto sebelum berangkat ke Malaysia untuk melakoni Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC 2024). (ANTARA/HO/PBSI)

ORBITINDONESIA.COM - Skuad bulu tangkis Indonesia hari Sabtu, 10 Februari 2024 ini bertolak ke Malaysia untuk berlaga pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (Badminton Asia Team Championship) atau BATC 2024..

BATC 2024 yang merupakan ajang beregu se-Asia ini bakal berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, pada 13-18 Februari 2024.

Manajer Tim Bulu Tangkis Indonesia Rionny Mainaky mengumumkan keberangkatan skuad Indonesia ke BATC 2024 itu, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi PBSI.

Baca Juga: Profil Lengkap dan Prestasi Atlet Bulu Tangkis An Se Young, si Bocah Ajaib dari Korsel, Juara Japan Open 2023

“Sore ini tim bulu tangkis Indonesia berangkat ke Malaysia untuk mengikuti ajang beregu putra-putri BATC. Kondisi tim semua juga sehat dan prima. Mereka berangkat dengan mengusung semangat besar dan kekompakan. Kami mohon dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia agar kami bisa tampil optimal," ujar Rionny Mainaky.

Tim Indonesia diperkuat oleh delapan pemain putra dan 10 pemain putri, ditambah pelatih, manajer tim, dan tim pendukung.

Untuk bertarung di BATC, Skuad Merah-Putih telah memilih nama-nama pemain. Pada tim putra, untuk nomor tunggal diperkuat Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcellyno, dan Alvi Wijaya Chairullah.

Baca Juga: PBSI Sudah Minta Maaf, Agung Firman Sampurna Tetap Menjadi Buronan Pecinta Bulu Tangkis Indonesia

Sementara di nomor ganda, diwakili Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Rahmat Hidayat.

Nantinya, Yere/Rahmat akan menyusul ke Negeri Jiran usai mengikuti kejuaraan di Sri Lanka.

“Kami tentu siap tempur. Berbekal kebersamaan dan kekompakan, kami siap berjuang,”kata Chico.

Baca Juga: Menuju Olimpiade Paris: Bulu Tangkis Sisakan 12 Turnamen untuk Kumpulkan Poin

“Kami siap tanding dan siap tempur. Targetnya ingin bermain bagus setiap ditampilkan. Kami akan fokus di penyisihan grup dulu,” imbuh Bagas.

Sementara di tim putri, pada sektor tunggal dibela Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Stephanie Widjaja.

Sedangkan untuk ganda mengandalkan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari, dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

Baca Juga: Mantan Pebulu Tangkis Nasional Taufik Hidayat Memprakarsai Turnamen Taufik Hidayat Cup 2024

“Saya hanya ingin bermain baik. Ini penampilan pertama saya di BATC. Kalau dipercaya tampil, saya akan berusaha bisa menyumbangkan poin untuk tim,” ujar Ester.

Pada kejuaraan edisi 2022, tim putri untuk kali pertama tampil sebagai juara usai di final mengalahkan Korea Selatan 3-1.

Sedangkan tim putra, harus puas sebagai runnerup setelah kalah 0-3 dari Malaysia yang turun dengan kekuatan terbaiknya.

Baca Juga: Menuju Olimpiade 2024 Paris: Liliyana Natsir Yakin, Bulu Tangkis Indonesia Mampu Meraih Emas

Dalam kejuaraan nanti, tim putra Skuad Garuda akan bergabung di Grup D bersama Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Sementara tim putri tergabung di Grup X bersama Hong Kong dan Kazakhstan. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait